loading...

Apa Itu Spam? Pengertian, Sumber, dan Dampak Spam Pada Blog Sobat

Apa Itu Spam? Pengertian, Sumber, dan Dampak Spam Pada Blog Sobat - Kembali bertemu bersama saya Muhammad Anas di Anas Blogging Tips. Tempat Terbaik BelajarBlogging. Apa yang akan kita bahas kali ini ya, apakah sobat tahu ? Pasti tahu jika sobat membaca judul artikel ini dengan baik.

Ya, sesuai judul di atas, apa yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai Pengertian Spam, Sumber, Dampak, Serta Pengaruh nya Pada Suatu Blog.Mungkin tentang Spam tidak akan langsung kita bahas semua nya disini, seperti artikel sebelum nya, yakni Teknik Melakukan Seo Onpage Paling Ampuh. Artikel ini juga akan dibagi menjadi 2 bagian / part. Part pertama yakni artikel ini khusus akan membahas mengenai Pengertian, Sumber, Dampak, Dan Pengaruh Spam sementara part 2 akan membahas mengenai Cara Menghapus Dan Membuang, Serta Mencegah Spam dari blog sobat. Tanpa banyak basa basi lagi, mari kita simak bersama-sama.Saat ini, Dunia Internet itu bagaikan sebuah dunia tersendiri, yang di dalamnya terdapat banyak sekali hal-hal menarik, sehingga apapun yang ingin sobat cari dan ingin sobat lakukan dapat terpenuhi. Mulai dari masalah ekonomi, sosial dan politik, kesehatan, bisnis hingga religi pun dapat sobat cari dalam dunia ini. Nah, karena semakin lama dunia internet semakin meluas dan terkenal, timbul lah yang namanya SPAM. Dan itulah yang membawa kita sampai ke sini, yaitu untuk mengetahui Apa Sebenarnya Spam Itu Dan Apa Dampak Serta Pengaruh nya Untuk Blog.
Apa Itu Spam? Pengertian, Sumber, dan Dampak Spam Pada Blog Sobat By Anas Blogging Tips


Apa Itu Spam?
Spam adalah sebuah sebuah penggunaan program elektronik untuk mengirimkan baik pesan teks maupun media lain berbentuk apapun secara bertubi-tubi yang tentunya tidak dikehendaki oleh sang penerima. Orang yang melakukan spam biasa disebut dengan Spammer, sedangkan kegiatan melakukan spam disebut dengan Spamming. Spam juga dibagi menjadi beberapa kategori, secara umum meliputi Spam Email, Spam Instant Messaging, Web Search Engine Spam, Spamdexing, dan masih banyak lagi.Nah, karena pembahasan kita kali ini mengenai Blogging, maka saya akan menjelaskan lebih lanjut yang berkaitan dengan nya, yaitu mengenai salah satu kategori spam yang bisa mempengaruhi blog kalian, yaitu Spamdexing.

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Spamdexing
berasal dari dua kata gabungan yaitu “Spam” dan “Index”. Spamdexing (Biasanya juga dikenal dengan web spam, blog spam, search spam dan BlackHat SEO) adalah  kegiatan dalam menggunakan beberapa cara-cara curang dalam rangka untuk memanipulasi hasil yang ditampilkan Search Engine seperti Google.
Seiring berkembangnya algoritma-algoritma yang ada, saat ini Google sudah mengembangkan sebuah program. Program tersebut bisa mendeteksi keberadaan spam dan akan langsung mem-banned blog yang melakukan hal tersebut. Sehingga, saat ini Spam sudah sangat merugikan bagi blog.
Secara garis besar, Spamdexing bisa dikategorikan dalam 2 kategori, yaitu content spam dan link spam.

1. Content Spam
Apa Itu Spam? Pengertian, Sumber, dan Dampak Spam Pada Blog Sobat By Anas Blogging Tips
Content Spam  merupakan kegiatan spam untuk meningkatkan relevansi postingan terhadap keyword yang telah ditargetkan. Content Spam, meliputi:

Keyword Stuffing: Penggunaan keyword secara berlebihan guna meningkatkan ranking pada keyword tertentu. Keyword Stuffing itu ya menempatkan Keyword pada sebuah artikel tanpa mematuhi aturan Seacrh Engine dan hanya mementingkan agar dapat mendaoat rank bagus dimata Search Engine, padahal jika melakukan Keyword Stuffing akan dilihat sebagai artikel yang tidak berkualitas serta Search Engine juga enggan untuk merayapi artikel yang berisi Keyword Stuffing. Contoh dari artikel Keyword Stuffing adalah artikel yang memaksakan Keyword Disegala Tempat. Misal, sobat telah menempatkan Keyword diparagraf pertama, nah sobat juga mengulangi Keyword tersebut di paragraph kedua tanpa ada perubahan apa yang dibahas sama sekali, nah, jadi seperti itulah Keyword Stuffing. Saya sangat tidak menyarankan nya karena tidak akan nyaman ketika dibaca oleh Visitor. Guna membuat artikel berkualitas, saya menyarankan sobat untuk membaca artikel mengenai

Meta Keyword Stuffing: Teknik keyword stuffing yang dilakukan pada elemen Meta Tag. Meta Keyword Stuffing ini wujudnya kasat maat jika dilihat oleh Visitor, namun bisa dilihat sangat jelas oleh Search Engine. Sobat pasti mau kan Seo blog sobat 100% ? Demi mewujudkan nya sobat mencari segala cara termasuk memasang Meta Tag, namun, gunakan lah maskimal 2 Meta Tag pada template blog sobat karena jika sobat mencoba untuk menggabungkan missal nya 5 Meta Tag sekaligus dari berbagai sumber yang tidak dapat dipercaya, bukan nya Seo blog sobat yang akan naik, malah Kualitas blog sobat lah yang menjadi sangat rendah di mata Search Engine karena memasang Meta Tag yang berlebihan. Jadi, pasang secukupnya saja Meta Tag yang sobat rasa pas dan terpercaya sumber nya, sebelumnya saya juga sudah membagikan 2 Meta Tag Seo 100% di Script Meta Tag Dan Title Tag Seo 100%

Doorway Pages: Halaman web berkualitas rendah yang dibuat hanya untuk menargetkan spesifik keyword. Hampir sama dengan Keyword Stuffing namun wujud dari Doorway Pages sangat lah jelas dilihat Visitor, contoh artikel Doorway Pages adalah artikel yang didalamnya hanya penuh dengan kata-kata tidak jelas yang mengandung Keyword, mungkin artikel seperti itu dapat mendongkrak di Page One Search Engine, namun bersiaga lah karena blog nya lah yang akan langsung di Banner oleh Searc Engine.

Spin Content: Melakukan copy/paste pada konten yang dibuat dengan merubah kata-kata yang bisa diganti sesuai dengan sinonimnya. Maksudnya seperti ini, sobat ingin membuat sebuah artikel, tapi sobat malas dan enggan menulis nya, pasti sobat akan mengambil artikel dari blog lain, namun sebelum di publikasikan, artikel tersebut diedit terlebih dahulu, yak arena sobat malas, jadi yang diedit hanya lah 1 atau 2 kalimat saja yang bisa diganti dengan sinonim dari kalimat tersebut. Mungkin ada yang berpikir dengan membuat artikel hasil Spinning seperti ini tidak akan terdeteksi sebagai Spam, sekarang Search Engine seperti Google sudah bisa mendeteksi artikel tersebut, jadi jangan coba-coba untuk membuat artikel dari hasil Spinning ya.

Link Spam

Link Spam merupakan sebuah skema yang dianggap oleh Google sebagai Link Tidak Natural yang berasal atau menuju ke sebuah web atau blog yang dimaksudkan agar bisa memanipulasi PageRank atau Ranking dalam pencarian Google. Link Tidak Natural adalah Link yang tidak seharusnya berada ditempat tersebut karena sifatnya memaksa dan tidak mematuhi aturan. Link Tidak Natural tersebut berupa:

Paid Link: Pembelian atau penjualan link dari suatu jasa yang “katanya” bisa meningkatkan PageRank. Hanya lah sebuah hal yang sia-sia jika sobat membeli link dari seseorang jika kegiatan tersebut malah membuat blog sobat di Banned.

Link Farms: Grup website ataupun blog yang saling bertukar link kemudian ditaruh di footer/sidebar  untuk meningkatkan Pagerank. Awas, jangan sampai sobat salah paham ya, Link Farms dan memasang Link Partner di blog itu berbeda, Link Farms adalah Link yang dikumpulkan di footer/sidebar yang tidak ada sama sekali penjelasan nya. Sementara, memasang Link Partner BlogWalking di blog itu memasang dan menjelaskan Link Blog tersebut secara singkat dan ada tempatnya juga, yakni di halaman Partner
Comment Spam: Komentar (biasanya dibuat otomatis) pada Blog, Forum, Wiki, dan tempat diskusi lainnya yang bisa digunakan untuk mempromosikan blog menggunakan Link Aktif. Jika soba sering melihat ada seseorang yang hanya menaruh link website nya/hanya berkomentar dengan kata-kata singkat seperti “nice, thanks, terima kasih” dan sebagai nya di komentar suatu artikel maka itulah yang disebut sebagai Comment Spam. Ini sangat lah merugikan sang admin yang artikel nya ada Comment Spam.

Excessive Reciprocal Link: Link Tidak Natural yang berasal dari link exchanges. Sering kali seorang Blogger yang masih belum paham mengenai Spam terburu-buru untuk menanam Backlink dimana-mana. Karena itulah dia melakukan kegiatan Link Exchange / Tukar Link dengan sesame Blogger. Link Exchange juga berbeda dengan memasang Link Partner BlogWalking. Karena Link Exchange hanya lah memasang Link nya dan tidak melakukan apa-apa sehingga dianggap Spam. Jika memasang Link Partner BlogWalking ada effect nya karena sesame Partner akan saling mengunjungi, berkomentar relevan dan kegiatan yang saling menguntungkan lain nya.

Automated Link Building: Software atau jasa yang digunakan untuk membuat backlink otomatis. Software adalah Tools/Alat yang jenis nya bukan Manusia melainkan hanyalah Robot. Link yang berasal dari sebuah Software juga tergolong sebagai Link Tidak Natural seperti kategori sebelumnya.

Bagaimana Dampak Spam Tersebut Terhadap Blog?

Setelah mengetahui bahwa buruknya sebuah kegiatan Spamming berdasarkan pernyataan di atas, maka pengaruh nya juga pasti hal yang buruk. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1.Membuat Blog Kita Menjadi Kurang Berkualitas di Mata Google.
Saat ini Google telah menciptakan algoritmanya sendiri untuk mengidentifikasi blog mana sajakah yang terlibat dalam masalah spam. Baik itu si spammer ataupun blog yang ditempatinya untuk spamming kedua-duanya akan langsung diberantas Google. Mengapa demikian? Alasannya cukup sederhana yakni karena mereka membencinya. Jadi, blog yang bagus pun jika ada Spam yang diberikan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab juga akan diberantas  karena mengandung Spam. Makanya kita harus sering-sering membersihkan blog dari Spam agar terhindari dari Ban Google.

Membuat Reputasi Si Blogger Menjadi Tidak Baik.
Spam di blog sobat bisa jadi indikator penilaian dari para pengunjung blog. Semakin sedikit spam, itu berarti semakin berkualitas blog tersebut karena itu artinya blog tersebut diurus dengan baik. Sebaliknya, semakin banyak spam, berarti bisa menjadi penanda bahwa blog itu sama sekali tidak diperhatikan dengan baik. Sobat tentunya tidak ingin dicap sebagai blogger tidak becusbukan ?

Menyibukkan Admin Blog Tempat Spamming
Tahukah sobat, bahwa pernah ada kejadian dari blogger luar negeri yang melaporkan dalam satu minggu mereka mendapatkan lebih dari 500+ komentar spam ? Ini nyata, benar-benar terjadi. Coba bayangkan jika blog sobat yang seperti itu, kira-kira akan jadi sesibuk apakah sobat ?. Selain membutuhkan waktu berjam-jam, juga membuat blogger tersebut lelah pastinya.

Membuat Pembaca Blog Menjadi Terganggu
Dengan semakin banyak spam, saya sendiri merasa akan semakin risih. Saya rasa sobat juga begitu. Dan jika seorang pengunjung kita sudah pernah merasakan seperti itu, saya yakin mereka tidak akan berani untuk datang kedua kalinya. Pembaca menjadi terganggu berujung kepada penurunan traffic di blog sobat.

Membuat Loading Blog Menjadi Seperti Siput
Semakin banyak komentar yang terdapat pada sebuah blog, maka akan semakin lambat pula loading blog tersebut. Mungkin, jika komentar berisi reaksi pengunjung tentang artikel yang kita buat itu saya rasa tidak masalah. Tapi, coba bayangkan apabila komentar blog tersebut hanya berisi spam saja. Selain mengganggu loading blog, juga membuat 4 dampak diatas menjadi lebih terasa.

Nah, setelah melihat penjelasan saya mengenai dampak spam bagi blog, saya rasa sobat sebagai pembaca tidak akan melakukan spam di blog orang lain lagi, kan ? Apalagi di Anas Blogging Tips spam sangat dilarang keras. Ingatlah, bahwa spamdexing itu mungkin bisa meningkatkan ranking blog dengan cepat, tapi itu tidak akan bertahan lama. Cukup lakukan saja segala sesuatunya secara natural dan alami, sehingga Google pastinya akan lebih suka pada blog sobat. 
Part pertama hanya sampai sini saja mengenai “Pengertian, Sumber, Dampak, Dan Pengaruh Spam Terhadap Suatu Blog”. Terima kasih atas kunjungannya. Dan jangan lupa stay tuned on AnasBlogging Tips untuk menantikan cara menghindari Spam.

Dan silahkan follow Anas Blogging Tips untuk terus mengetahui Panduan, Trik, Dan Tips Lengkap Lain nya Tentang Blogging serta nantikan artikel berikutnya ya.


Terima kasih sobat telah membaca artikel "Apa Itu Spam? Pengertian, Sumber, dan Dampak Spam Pada Blog Sobat.". Sobat tidak diperbolehkan untuk menyalin (copy-paste) segala dan keseluruhan konten Anas Blogging Tips

0 Response to "Apa Itu Spam? Pengertian, Sumber, dan Dampak Spam Pada Blog Sobat"

Post a Comment