loading...

10 Istilah Istilah Dalam Google AdSense Terbaru 2016

10 Istilah Istilah Dalam Google AdSense Terbaru 2016 - Kembali bersama Anas Blogging Tips yang selalu memberikan tutorial dan tips belajar blogging terbaik. Apakah blog sobat sudah mempunyai aplikasi android? Jika belum lihat bagaimana Cara Menjadikan Blog Sebagai Aplikasi Android. Sekarang kita akan kembali membahas masalah Google AdSense. Dalam Google AdSense banyak sekali istilah-istilah yang harus dipahami oleh publishernya. Lalu, istilah apa saja ya? Check it out!

10 Istilah Istilah Dalam Google AdSense Terbaru 2016

Dengan tujuan melengkapi data dari mulai penghasilan sampai jenis dan jumlah klik pada Google AdSense. Google menciptakan berbagai istilah agar publishernya lebih mudah mengetahui segala data yang ada. Istilah-istilah tersebut mungkin sudah tidak asing bagi mereka yang sudah lama mengenal Google AdSense. Tapi masih ada beberapa publisher yang belum paham betul akan semua istilah tersebut.

1. Publisher
Publisher adalah penayang iklan Google AdSense. Mereka adalah seorang blogger dengan blog nya atau Youtuber dengan Channel Youtube nya. Dengan meggunakan blog atau channel, mereka bisa menjadi seorang Publisher Google AdSense dan menayangkan iklan Google AdSense. Namun, mereka harus terlebih dahulu mengajukan pendaftaran lalu pihak Google AdSense akan mereview kelayakan nya, jika layak maka akan diterima sebagai Publisher Google AdSense dan akan mendapat upah atas iklan yang ditayangkan.

2. Advertiser
Advertiser adalah mereka yang mengiklan kan di Google AdWords lalu iklan-iklan mereka tersebut akan ditayangkan pada blog atau channel yang sudah disetujui oleh Google AdSense. Pembayaran para publisher Google AdSense sendiri berada pada advertiser. 


3. Estimated Earnings
Estimated earnings adalah hal yang paling pertama kita lihat ketika membuka akun AdSense. Google akan memperkirakan penghasilan yang sobat dapatkan dengan jangka waktu yang tersedia. Prakiraan penghasilan ini masih belum dipotong dengan Invalid Click. Estimated Earnings didasarkan pada hasil kali antara jumlah klik dengan CPC sobat pada saat itu. Semakin besar CPC nya maka semakin besar juga yang akan sobat dapatkan.

4. Finalized Earnings
Kebalikan dengan Estimated Earnings. Finalized Earnings adalah hasil akhir penghasilan sobat selama 1 bulan penuh bekerja sebagai publisher Google AdSense, Hasil Finalized Earnings ini dari semua Estimated Earnings dipotong dengan Invalid Click pada blog sobat. Semakin kecil Invalid Click maka semakin kecil juga potongan nya.

5. Invalid Click
Dari kedua istilah diatas masing-masing terdapat kata Invalid Click. Sobat pasti penasarankan apa itu Invalid Click? Nah Invalid Click adalah Klik Tidak Valid, yakni klik iklan pada blog sobat yang tidak diakui oleh Google. Invalid Click akan terhitung pada Estimated Earnings tetapi akan menjadi potongan untuk Finalized Earnings. Sebab dari Invalid Click sendiri masih belum jelas. Tetapi ada sebagian yang berpendapat bahwa Invalid Click terjadi karena klik berasal dari pengunjung non organik, pengunjung yang tidak sengaja klik iklan, loading iklan yang belum selesai, iklan yang langsung di close dan masih banyak lagi.


6. Page Impression

Page Impression adalah Jumlah Tampilnya Iklan Dalam Satu Halaman. Jadi, Page Impressional menunjukan jumlah halaman yang terdapat kode unit iklan AdSense nya ditampilkan, sederhananya, berapa kali pengunjung melihat iklan pada blog. Page Impression sendiri tidak dpengaruhi oleh jumlah iklan yang terdapat pada blog. Misalnya sobat meletakan 3 unit iklan dalam satu halaman dan 
membukanya/reload sebanyak 10 kali, maka Page Impression nya tetap saja 10

7. CPM (Cost Per Million)
CPM adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman (per 1.000) yang dia dapatkan dari iklan-iklannya. Sebagai contoh, publisher yang menghasilkan USD 200 dari 50.000 impressi akan memiliki nilai CPM sebesar USD 4 (USD 200 dibagi 50) dengan rumus (jumlah earnings = (impressi/1000))

8. CPC (Cost Per Click)
CPC bisa disebut sebagai harga sebuah unit iklan jika di klik oleh visitor. Harga iklan sendiri ditentukan oleh advertiser. Earning yang publisher dapatkan akan sesuai dan sama dengan CPC nya. Maka semakin besar CPC maka semakin besar publisher memperoleh upah dari iklan nya.

Banyak sekali faktor yang mempengaruhi CPC dan masih menjadi perdebatan para suhu-suhu dan mastah-mastah AdSense. CPC dipengaruhi oleh jumlah iklan dalam setiap halaman, asal visitor yang mengklik iklan, dan negara visitor tersebut berasal. Google juga berusaha untuk menutup rapat rahasia CPC nya, hanya Google dan para advertiser yang mengetahuinya. Namun secara umum, nilai maksimal yang mungkin adalah 20% dari nilai tawaran dinamis yang ditawarkan oleh pemasang iklan. Ntar saya kasih Tips nya deh untuk menaikan harga CPC.


9. CTR (Cost Through Rate)
CTR (Click throught rate) adalah perbandingan dalam bentuk persentase unuk menghitung antara jumlah klik dan jumlah unit iklan adsense yang bersangkutan tampil,  jika iklan tampil sebanyak 1000 kali, kemudian iklan tersebut mendapatkan klik sejumlah 10 kali maka nilai CTR nya dapat kita hitung sebagai berikut (10/1000 x 100%)=1%, jadi jika dalam 1000 kali tampil, iklan mendapatkan klik pengunjung sebanyak 10 kali, berarti nilai CTR untuk iklan tersebut adalah 1%.

Nilai CTR ini berguna untuk mengidentifikasi mana aktifitas normal atau tidak normal pada klik yang dihasilkan blog dalam iklan nya. Nilai normal untuk CTR adalah 0% sampai dengan 5%, atau bisa juga lebih dari itu tergantung dari jumlah klik terhadap iklan tersebut, namun jikal nilai CTR lebih dari 100% berarti itu sudah terindikasi adanya tindakan tidak normal, kasus tersebut bisa terjadi karena adanya bom klik, klik terus menerus pada iklan yang sama lebih dari 1 kali, kita harus terus memantau dan mewaspadai jika dalam akun google adsense kita mendapatkan informasi nilai CTR dengan nilai besar atau lebih dari 100%, jika terindikasi adanya tindakan kecurangan atau bomklik maka resikonya adalah akun adsense kita dibanned, nilai CTR diatas 100% bisa terjadi jika jumlah klik melebihi jumlah iklan tersebut tampil. 

10.  Click
Ini adalah istilah terakhir, yakni Click. Click tentu saja adalah klik yang dihasilkan visitor dalam meng klik iklan dalam blog sobat.

Nah jadi itulah 10 Istilah dalam Google AdSense yang wajib diketahui oleh setiap Publisher nya.

Dan silahkan follow Anas Blogging Tips untuk terus mengetahui Panduan, Trik, Dan Tips Lengkap Lain nya Tentang Blogging serta nantikan artikel berikutnya ya.

Terima kasih sobat telah membaca artikel "10 Istilah Istilah Dalam Google AdSense Terbaru 2016". Sobat tidak diperbolehkan untuk menyalin (copy-paste) segala dan keseluruhan kontenAnas Blogging Tips

0 Response to "10 Istilah Istilah Dalam Google AdSense Terbaru 2016"

Post a Comment