loading...

10 Cara Dan Trik Ampuh Meningkatkan CPC Google AdSense

10 Cara Dan Trik Ampuh Meningkatkan CPC Google AdSense - Kembali berjumpa bersama saya lagi Muhammad Anas. Sudah lama saya tidak update Anas Blogging Tips hehe karena kesibukan yang lain. Pada update kali ini saya akan sharing seputar CPC Google AdSense, lebih tepatnya kita akan membahas Cara Meningkatkan CPC Google AdSense. Oh iya, buat yang belum tahu apa itu Google AdSense bisa baca baca bagian Google AdSense
10 Cara Dan Trik Ampun Meningkatkan CPC Google AdSense by Anas Blogging Tips

CPC atau singkatan dari Cost Per Click adalah biaya dari satu klik iklan pada akun AdSense kita, ya bisa disebut bayaran dari satu klik iklan lah.

Faktor Yang Mempengaruhi CPC AdSense

Sebelum menuju inti bahasan dari isi artikel ini, mari kita ulas dulu beberapa faktor yang memperngaruhi besar tidaknya nilai CPC Google AdSense sobat. Sebenarnya ada banyak hal yang bisa mempengaruhi CPC Google AdSense, namun tidak semua orang mengetahuinya dan pihak Google pun juga tidak terang-terangan memberi penjelasan nyata.

Dari banyak nya faktor-faktor yang mempengaruhi CPC AdSense, setidaknya ada 3 hal utama yang sangat berperan dalam nilai CPC AdSense.

1. Niche Blog

NIche atau tema atau topik blog adalah hal pertama yang paling mempengaruhi CPC AdSense kita. Google AdSense menggunakan niche atau apa yang dibahas pada blog sobat untuk menampilkan iklan dengan topik yang sama. Jadi, jika blog sobat tentang otomotif maka iklan yang tampil juga seputar otomotif dan nilai CPC setiap niche sangat relatif tergantung para advertiser beriklan pada Google AdWords.

2. CTR (Click Through Rate)

Sebelumnya, kita sudah membahas CTR ini pada artikel 10 Istilah Dalam Google AdSense.
CTR merupakan perbandingan antara jumlah view iklan dan klik iklan. Jika sobat ingin mendapatkan CPC yang tinggi, usahakan CTR nya juga tinggi dan stabil. Karena akan percuma jika CPC tinggi tapi tidak ada yang klik iklan.

3. Faktor Geografi Atau Negara

Pernah mendengan istilah negara premium? Istilah ini juga berlaku pada program Google AdSense bagi para publisher. Jika visitor blog sobat berasal dari negara Premium seperti Amerika, maka klik iklan yang dihasilkan dari visitor negara premium itu juga lebih tinggi dibanding kan visitor dari dalam negeri.

Itulah 3 hal utama yang paling menentukan dan mempengaruhi nilai CPC Google AdSensesobat.

Nah, jadi sekarang sudah tahukan apa saja yang mempengaruhi nilai CPC sobat? Maka dari itu untuk bisa meningkatkan CPC AdSense perlu dilakukan beberapa tindakan dengan mengikuti Tips Tips saya berikut.

Tips Meningkatkan CPC Google AdSense yang akan saya terangkan dibawah ini berdasarkan pengalaman saya dan dari beberapa sumber terpercaya lain nya.

Cara Ampuh Meningkatkan CPC AdSense

1. HPK (High Paying Keyword)

High Paying Keywords atau biasa yang disebut dengan HPK adalah keyword-keyword dengan nilai CPC yang sangat tinggi. Ada banyak sekali HPK dalam dunia AdSense. Jangan salah, HPK juga bergantung pada niche blog lho, jadi memang niche blog yang paling menentukan. Namun, jenis HPK untuk blog Inggris dan blog Indonesia itu berbeda, untuk saat ini bagi blog inggris, HPK yang paling tinggi adalah dengan niche hukum dan asuransi. Kadang, dari 1 klik HPK ini bisa bernilai ratusan dollar. Jadi, HPK sangat penting bagi blog sobat. Setidaknya tulislah 1 artikel dengan HPK didalamnya agar bisa meningkatkan CPC AdSense dengan cepat. Mungkin nanti akan saya beberkan daftar HPK lengkapnya.


2. Menargetkan Long Tail Keyword

Long Tail Keyword adalah keyword dengan kalimat yang panjang. Long Tail Keyword juga termasuk salah satu hal dalam SEO, namun berguna juga untuk meningkatkan CPC AdSense. Untuk menemukan keyword-keyword panjang yang bisa dijadikan sebagai penunjang CPC AdSense, sobat bisa melakukan reseach di SEMRush atau layanan serupa lain nya.


3. Promosikan Artikel Dengan CPC Tinggi

Mungkin ini terdengar aneh, tapi ini juga bisa meningkatkan CPC AdSense sobat secara stabil. Coba lakukan experiment dan cari artikel sobat yang berisi iklan dengan CPC lebih tinggi, lalu promosikan nya sehingga mendatangkan traffic pada artikel tersebut yang berpotensi klik iklan juga.


4. Memilih Ukuran Iklan Yang Tepat

Banyak para mastah diluar sana berpendapat bahwa ukuran iklan juga sangat mempengaruhi CPC AdSense. Menurut saya, ini memang benar. Namun, untuk memastikan nya harus dilakukan experiment dan testing karena layout desain setiap blog berbeda-beda, maka hasilnya juga akan berbeda. Jadi jangan pernah malas untuk berexperiment. Sejauh ini, ukuran 336X280, 300X250 dan iklan responsif adalah ukuran iklan paling favorit dimata advertiser


5. Blokir Iklan Dengan CPC Rendah

Jika sobat menemukan iklan dengan CPC yang rendah, maka catat domain atau alamat iklan tersebut dan sobat bisa memblokirnya agar tidak tampil lagi. Caranya, login pada akun adsense sobat seperti biasa, pilih tab Allow And Block Ads lalu salin list daftar domain iklan dengan CPC rendah pada kolom disana dan klik Block URL.


6. Jumlah Unit Iklan

Jumlah unit iklan pada halaman blog sobat mungkin tidak bersifat secara langsung, tetapi akan terasa efeknya seiring waktu. Pada dasarnya, pihak Google mengizinkan publisher nya menayangkan 3 iklan konten, 3 iklan link dan 2 iklan penelusuran pada setiap halaman blog nya. Namun, semakin banyak iklan maka tentu harga CPC nya akan rendah. Logika saja, semakin sedikit tempat iklan, semakin banyak advertiser bersaing untuk tempat itu. Ini memang terbukti, saya sempat melakukan experiment dengan menayangkan 1 iklan 728X90 dan 2 iklan 336X280 dan CPC saya haya berkisar Rp2000 tapi setelah saya copot iklan 728X90 CPC naik drastis sampai Rp10.000


7. Pengaturan Mobile Friendly

Mobile friendly bukan hanya berdampak baik bagi SEO, tapi memberikan efek positif juga bagi CPC AdSense sobat. Beberapa advertiser mengiklan kan produk mobile nya seperti aplikasi pada Google PlayStore dan nekat membayar mahal, jadi gunakan template Mobile Friendly dan juga unit iklan responsive.


8. Target High Paying Regions

Tak hanya HPK, ada juga HPR yakni negara/regions yang memberi 1 nilai klik CPC yang besar pada iklan AdSense sobat. Seperti yang sudha saya katakan negara premium memberikan CPC lebih tinggi, jadi targetkan blog sobat dikunjungi oleh visitor bule dengan cara membuat blog inggris. Saat ini, negara Belanda, Swedia, Switzerland dan Jepang adalah negara dengan CPC tertinggi.


9. Hubungkan Google Analytic Dengan AdSense

Google analytic juga merupakan salah satu produk Google yang bisa 'merekam' kegiatan pengunjung pada setiap halaman sobat sehingga sobat bisa menemukan 'hot spot' pandangan visitor dan mana iklan yang paling sering diklik.


10. Selalu Berexperiment Dan Konsisten

Cara atau Trik terakhir dalam meningkatkan CPC AdSense adalah dengan berexperiment dan konsisten. Dengan mencoba satu per satu cara diatas dan membuat suatu perubahan baru maka saya yakin sobat pasti bisa meningkatkan nilai CPC pada akun Google AdSense sobat.


Mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan pada artikel hari ini tentang Cara Atau Trik Ampuh Meningkatkan CPC Google AdSense. Kunjungi halaman Google AdSense untuk mengetahui seputar Google AdSense lain nya.

Jangan lupa, ikuti dan daftar Kontes SEO Anas Blogging Tips dan menangkan hadiah menariknya.

Dan silahkan follow Anas Blogging Tips untuk terus mengetahui Panduan, Trik, Dan Tips Lengkap Lain nya Tentang Blogging serta nantikan artikel berikutnya ya.

Terima kasih sobat telah membaca artikel "10 Cara Dan Trik Ampuh Meningkatkan CPC Google AdSense". Sobat tidak diperbolehkan untuk menyalin (copy-paste) segala dan keseluruhan konten Anas Blogging Tips

0 Response to "10 Cara Dan Trik Ampuh Meningkatkan CPC Google AdSense"

Post a Comment