loading...

7 Penyebab Blog Sobat Sepi Pengunjung Dan Traffic Turun

7 Penyebab Blog Sobat Sepi Pengunjung Dan Traffic Turun - Traffic atau pengunjung.. pasti semua blogger sudah mengetahui nya bahwa pengunjung ya orang yang mengunjungi blog kita untuk membaca konten yang kita sajikan. Semua blogger pasti mempunyai harapan yang sama, yakni mempunyai traffiic dan pengunjung yang setia, stabil dan juga banyak. Namun, kadang tidak semua blogger mengalami nya. Ada yang pengunjung nya setia, tapi sedikit dan masih banyak lagi tentunya. Pasti sobat yang blog nya tidak kunjung ramai bertanya-tanya. Mengapa blog saya sepi ya? atau berbagai macam pertanyaan yang serupa. Oleh sebab itu pada artikel ini akan saya beritahu penyebab-penyebab turun nya traffic atau sepi nya blog sobat.
Semua blogger pasti akan melakukan apapun demi mendapatkan sebuah traffic yang stabil dan terus meningkat karena semakin banyak traffic dan pengunjung semakin banyak juga earning yang akan didapat. Faktor dan sebab turun nya traffic blog sangat bermacam-macam dan ada yang secara langsung atau tidak langsung juga.

7 Penyebab Blog Sobat Sepi Pengunjung Dan Traffic Turun by Anas Blogging Tips

Berikut ini 7 Penyebab Traffic Menurun Pada Blog

1. Mengganti Domain/URL
Penyebab pertama yang paling utama traffic blog menurun adalah sobat mengganti domain atau URL blog sobat. Misalnya sobat URL blog sobat adalah http://tips-anas.blogspot.com lalu sobat membeli domain berekstensi .com dan mengganti nya menjadi anastips.com maka blog tersebut akan terhitung mulai dari nol lagi dan seluruh data-data yang diindex oleh Search Engine pun akan berganti dan harus mulai dari awal lagi.

Tapi, jangan berpikir bahwa membeli domain mempunyai efek yang buruk. Pengindexan setelah ganti domain biasanya memakan waktu sekitar 2 minggu tapi sobat bisa mempercepatnya dengan cara kembali mensubmit dan memverifikasi semua artikel dan URL blog sobat dengan domain baru di Google Webmaster. Saya selalu menyarankan sobat untuk membeli domain TLD agar visitor sobat nantinya lebih mudah dalam mengingat alamat blog sobat. Tapi jangan pernah mengganti alamat domain blog sobat jika sudah banyak yang mengenal nya dan sudah berumur, jangan sekali-sekali mencobanya karena jika domain blog sobat sudah sangat terkenal dan sudah tua serta sudah mendapatkan banyak backlink, dan sobat menggantinya maka semuanya akan kembali seperti semula, Jadi, ganti domain = umur blog kembali dari awal.
2. Terlalu Sering Mengganti Template
Ini jga merupakan penyebab utama turunya traffic atau sepinya pengunjung blog sobat. Apakah sobat berpikir bahwa dengan mengganti template blog dapat meningkatkan pengunjung? Saya rasa anggapan itu memang benar adanya. Namun, jangan terlalu sering dalam mengganti template apalagi bukan nya menjadi lebih bagus malah semakin merusak pandangan pengunjung. Terlalu sering mengganti template juga akan berpengaruh pada posisi blog sobat di SERP, Google yang tadinya sudah hafal struktur template sobat dengan baik maka harus bertemu dengan struktur yang baru lagi yang bisa mengakibatkan susahnya blog sobat untuk diindex. Template blog yang bagus dan bersahabat dengan manusia & search engine adalah template yang sederhana, cukup dengan warna putih saja juga bisa dan desain nya tidak terlalu mencolok sehingga enak dipandang. Dan yang paling penting adalah fast loading & mobile friendly. Jika sobat sudah cocok dengan satu template dan visitor juga menyukainya maka jangan ganti ganti lagi. Usahakan untuk mempunyai template yang beda dari yang lain agar blog sobat mempunyai ciri khas tersendiri. Sobat bisa memilih koleksi template blog yang bagus di ABT Blogger Template

3. Kualitas Dan Keaslian Artikel
Jika blog sobat penuh dengan artikel-artikel hasil copas atau artikel yang berkualitas rendah sudah dapat dipastikan blog sobat tidak akan mendapatkan pengunjung yang banyak. Artikel yang berkualitas tinggi adalah artikel yang original ditulis dengan tangan dan mudah dipahami oleh pembaca alias Human Friendly. Selain itu, usahakan juga untuk menulis artikel yang mengandung banyak kata karena tujuan pembaca mengunjungi blog sobat adalah untuk menemukan solusi dari masalah nya sehingga sobat harus bisa menyajikan artikel yang mampu menjelaskan semuanya hingga tuntas sampai visitor puas. Jika visitor saja sudah sangat menyukai tulisan sobat maka Google pun akan menyukainya juga.
4. Blog Sobat Berniche Musiman
Niche musiman adalah blog dengan niche yang hanya berlaku pada musim-musim terntetu. Biasanya blog berniche musiman adalah blog berita dan blog personal. Tentu dengan niche musiman seperti ini blog sobat tidak akan mempunyai traffic yang stabil karena berita tidak akan selamanya berlaku dan pasti akan basi. Solusinya, buatlah blog dengan niche yang bisa bertahan lama dan berjangka panjang. Contoh niche blog yang abadi adalah blog tutorial, kesehatan dan pendidikan.
5. Volume Persaingan Meningkat & Perubahan Algoritma Google
Seiring berkemban nya zaman dan teknologi seiring banyak nya masyarakat yang mengenal internet dan ini juga melahirkan blogger-blogger dari seluruh dunia dan tentu beprotensi bisa menggeser blog sobat di SERP Google. JIka hal ini yang terjadi maka mau tak mau sobat harus terus rutin mengupdate blog sobat dengan artikel-artikel berkualitas setiap harinya.
Selain volume persaingan yang meningkat, penyebab traffic blog yang turun juga bisa akibat dari perubahan algoritma peraturan Google. Kita tidak bisa mengetahui secara tepat apa saja algoritma Google dan perlu diketahui bahwa algoritma Google itu tidak 1 atau 2 atau 3 melainkan puluhan bahkan bisa jadi ratusan. Untuk menyelesaikan masalah ini, tergantung dari update algoritma nya terlebih dahulu, pada tahun 2015 lalu Google mengumumkan bahwa setiap blog harus mempunyai template yang mobile-friendly.

6. Blog Terkena Penalty Google & Melakukan Optimisasi Yang Berlebihan
Kadang, demi mendapatkan sebuah tempat dipageone Google ada blogger yang rela dan nekad menempuh cara apapun dan cara ini biasanya tidak dianjurkan bahkan dilarang oleh Google Webmaster yang mengakibatkan blog mendapat penalty dari Google. Penalty dari Google sendiri sangat banyak dan tergantung dari apa yang dilanggar. Biasanya pemicu utama blog mendapat penalty dari Google adalah hasil dari Optimisasi yang sangat berlebihan. Contohnya seperti melakukan penanaman backlink yang banyak dalam waktu yang singkat sehingga terindikasi spam oleh robot Google dan mendapat penalty Google Sandbox. Anas Blogging Tipsjuga pernah mengalaminya, dan yang paling buruk adalah blog sobat dihapus dari Google. Jadi, lakukan optimisasi yang sewajarnya saja seperti menanam backlink berkualitas 5-10 kali saja dalam 1 hari.

7. Blog Tidak Diurus Dan Kurang Promosi
Mungkin ini adalah penyebab yang paling masuk akal dalam penurunan traffic blog. Jika sobat jarang memperhatikan blog sobat dan jarang mengupdatenya dengan artikel-artikel berkualitas maka dapat dipastikan blog sobat akan mengalami penurunan traffic. Mungkin sobat berpikir bahwa blog-blog terkenal seperti Blog Mas Sugeng mendapatkan traffic yang melimpah walaupun jarang update. Itu karena umur dari blog tersebut sudah sangat tua dan terkenal serta sudah diperlakukan lebih oleh Google jadi walau update 1 minggu 1 kali tidak kehilangan traffic. Jika blog sobat masih baru sekitar 2-4 bulan tentu sobat harus tetap rajin update blog karena umur blog tersebut masih tergolong muda serta sobat harus rajin berpromosi dimana-mana agar brand blog sobat dikenal oleh masyarakat tertarget tergantung pada niche blog sobat. Jika niche blog sobat adalah asuransi maka sobat harus berpromosi di forum atau grup yang membahas asuransi dan selalu menyertakan nama brand sobat.
Bagaimana? Jadi sekarang sobat sudah tahukan apa saja faktor utama yang menyebabkan traffic blog sobat turun atau bahkan blog sobat sepi pengunjung. Saran saya, jika umur blog masih mudah terus saja lakukan update artikel berkualitas dengan 1000 kata secara rutin dan menanam 5 backlink berkualitas setiap hari serta jangan lupa untuk berpromosi. Dengan cara ini bisa dipastikan blog sobat akan rame nantinya.


Dan silahkan follow Anas Blogging Tips untuk terus mengetahui Panduan, Trik, Dan Tips Lengkap Lain nya Tentang Blogging serta nantikan artikel berikutnya ya.

Terima kasih sobat telah membaca artikel "7 Penyebab Blog Sobat Sepi Pengunjung Dan Traffic Turun". Sobat tidak diperbolehkan untuk menyalin (copy-paste) segala dan keseluruhan konten 
Anas Blogging Tips

0 Response to "7 Penyebab Blog Sobat Sepi Pengunjung Dan Traffic Turun"

Post a Comment