loading...

Bagaimana Cara Mencari Long Tail Keyword Yang SEO?

Bagaimana Cara Mencari Long Tail Keyword Yang SEO? - Kembali bertemu di Anas Blogging Tips. Sudah lama saya tidak membahas Tutorial Blogging maka kali ini kita akan kembali membahasnya sekaligus dengan Tips SEO yang terbaru saya dapatkan dari situs luar negeri juga. Kali ini kita akan berbicara seputar Keyword dan SEO. Apa yang sobat ketahui seputar Keyword? Mungkin ada 2 Jenis Keyword, yakni Short Tail Keyword dan Long Tail Keyword dan tentu saja keyword sangat berkaitan erat dengan SEO. Ok, pada artikel ini saya akan memberi tahu sobat Bagaimana Cara nya Mencari Long Tail Keyword yang SEO sehingga bisa mendongkrak traffic blog sobat dengan mudah.
Bagaimana Cara Mencari Long Tail Keyword Yang SEO?
Cara Mencari Long Tail Keyword by Anas Blogging Tips
Mungkin blogger lain masih fokus terhadap Optimasi SEO OnPage dan Optimasi SEO OffPageatau ada sebagian yang fokus terhadap Marketing Sosial Media. Tapi, mereka melupakan satu hal yang terpenting juga, yakni Long Tail Keyword. Banyak yang menganggap Long Tail Keyword adalah hal sepele padahal itu salah besar karena jika banyak atau semua artikel sobat itu tertarget dengan niche sobat dan menggunakan Long Tail Keyword semua maka bisa dipastikan sobat perlahan-lahan akan menguasai SERP Google dan semakin banyak saja visitor blog sobat.

Kebanyakan masih fokus terhadap Short Tail Keyword, contohnya "Blogging" jika sobat berpikir dengan hanya mengandalkan Short Tail Keyword seperti diatas dan akan berada di halaman pertama Google maka itu salah besar. Short Tail Keyword seperti itu atau niche lain nya sudah dikuasai oleh web-web dan blog authority contohnya pada niche blogging suda ada sugeng.id Jadi tidak akan mudah bersaing dengan Short Tail Keyword. Tetapi, jika sobat menggunakan Long Tail Keyword contohnya "Tips Dan Trik Blogging Pemula" saya rasa sobat tidak akan sulit dalam bersaing dan akan mudah mendatangkan traffic jika dibantu dengan banyak artikel

Cara Mencari Long Tail Keyword Dengan Mudah

Mencari Long Tail Keyword sebenarnya tidak terlalu susah, tapi sobat tetap harus ingat bahwa sobat jangan sampai ketergantungan dengan Long Tail Keyword dan sobat menganggapnya hanya dengan itu sobat bisa menguasai SERP dan Pageone. Semuanya tergantung pada diri sobat masing-masing lagi. Long Tail Keyword berperan langsung dalam pembuatan artikel dan sobat juga harus bisa menyajikan konten yang kaya akan keyword natural dan backlink berkualitas untuk tetap membuat artikel dengan Long Tail Keyword tersebut bertahan lama walau kompetitor semakin meningkat.

Ada banyak cara juga dalam mencari Long Tail Keyword untuk ke SEO an blog sobat, tetapi saya hanya akan memberitahu cara yang sederhana saja agar lebih memudahkan sobat.

1. Mencari Long Tail Keyword Dengan Google Search Engine
Ya, hanya dengan menggunakan Mesin Telusur atau Search Engine Google saja kita bisa mendapatkan Long Tail Keyword dengan mudah dan sederhana bahkan sobat bisa menggunakan nya untuk semua niche blog sobat. Bisa dibilang cara pertama ini adalah cara yang paling mudah.

Sobat hanya tinggal pergi ke Google.com lalu ketikkan generic keyword atau Short Tail Keyword terkait niche blog sobat maka akan segera muncul daftar-daftar keyword yang bisa dijadikan Long Tail Keyword. Sebagai contohnya saya ambil keyword "hosting"

Bagaimana Cara Mencari Long Tail Keyword Yang SEO?
Contoh Generic Keyword
bisa dilihat seperti gambar diatas, setelah mengetik hosting saja maka akan segera muncul keyword-keyword yang bisa dijadikan artikel. Ok, untuk lebih memunculkan ide menulis artikelnya, saya tambahkan keyword nya menjadi "hosting gratis"

Bagaimana Cara Mencari Long Tail Keyword Yang SEO?
Generic Keyword Dengan Keterangan
Setelah menambahkan keyword lagi maka akan muncul lagi Long Tail Keyword yang sering dicari orang, sobat bisa langsung membuat artikel menggunakan keyword-keyword yang muncul seperti gambar diatas.

Jika sobat ingin langsung membuat 2 artikel menggunakan keyword yang saling berkaitan dan masih menggunakan Long Tail Keyword maka ada cara lagi yang sama-sama masih menggunakan Google Search Engine

Caranya hampir sama, setelah sobat mengetikan keyword nya, sobat scroll sampai ke halaman paling bahwa maka disitu akan muncul keyword-keyword terkait penelusuran sobat dan siap dijadikan sebagai artikel tinggal sobat mekreasikan keyword nya saja.
Contohnya keyword "hosting gratis" mempunyai keyword terkait seperti gambar dibawah
Bagaimana Cara Mencari Long Tail Keyword Yang SEO?
Keyword Yang Terkait
2. Menggunakan Google Keyword Planner
Masih sama-sama menggunakan produk Google, cara kedua adalah cara termudah dan tersederhana selanjutnya dalam Mencari Long Tail Keyword SEO. Cukup mudah juga, sobat tinggal pergi ke Google Keyword Planner
Lalu, akan ada beberapa pilihan, pilih menu pertama yang bertuliskan kurang lebih "Search For New Keywords Using A Phrase, Website or Category 
Isi keyword nya dengan generic keyword seperti cara nomor 1 dan kolom nya biarkan default saja, klik Get Ideas

Bagaimana Cara Mencari Long Tail Keyword Yang SEO?
Long Tail Keyword Dari Google Keyword Planner
Contohnya saya menggunakan Generic Keyword "Free Insurance" maka akan muncul seger data-data nya dan akan muncul juga Long Tail Keyword yang bisa sobat variasikan. Bukan hanya itu, di Google Keyword Planner juga memberikan data lebih lanjut seperti Avg. monthly searches atau pencarian rata-rata tiap bulan nya tetapi ini berdasarkan advertisement, yang jelas semakin tinggi angkanya semakin sulit persaingan nya, oh iya sobat juga bisa melihat bocoran nilai CPC atau per klik dari Keyword yang sobat masukkan tadi.
3. Mencari Keyword Dari Kompetitor 
Cara ketiga sekaligus terakhir saya anggap sebagai cara paling rumit tetapi data yang disajikan paling lengkap. Pada cara ketiga ini kita akan menggunakan website atau blog kompetitor kita sebagai sample atau model. Jadi, sebelumnya sobat harus tau terlebih dahulu mana saja blog yang menjadi pesaing atau kompetitor sesuai dengan niche blog sobat. Contohnya Anas Blogging Tips dengan niche blogging maka kompetitornya adalah Contohblog.com

Kita akan menggunakan SEMrush. Sobat cukup pergi ke www.semrush.com dan buat akun free trial, saya rasa sobat pasti dengan mudah bisa membuatnya. Setelah mendaftar dan mendapatkan akun gratis, pada dashboard SEMrush ketik saja alamat blog kompetitor.
Ketika sudah muncul semua data blog kompetitor, scroll kebawah dan cari data Organic Searchdan klik tombol View Full Report pada menu tersebut.

Bagaimana Cara Mencari Long Tail Keyword Yang SEO?
Daftar Keyword Dari Blog Kompetitor
maka akan muncul semua data dari blog kompetitor seputar hasil dari Organic Search atau hasil penelusuran organik dengan keyword-keyword nya. Sobat tinggal memilah dan mengkreasikan semua keyword tersebut dengan menyesuaikan terhadap jumlah persaingan nya sehingga traffic stabil.

Nah itulah 3 Cara Mencari Long Tail Keyword SEO yang saya urutkan dari yang termudah hingga terumit. Semuanya kembali ke diri sobat mau menggunakan cara nomor berapa sesuai dengan kebutuhan sobat juga. Tapi, setelah membuat artikel dengan  Long Tail Keyword SEO sobat juga harus melakukan Link Building seperti biasa agar bisa bertahan lama. Terus saja buat artikel berkualitas sebanyak-banyak nya dan traffic akan datang dengan sendirinya.


Dan silahkan follow Anas Blogging Tips untuk terus mengetahui Panduan, Trik, Dan Tips Lengkap Lain nya Tentang Blogging serta nantikan artikel berikutnya ya.

Terima kasih sobat telah membaca artikel "Bagaimana Cara Mencari Long Tail Keyword Yang SEO?". Sobat tidak diperbolehkan untuk menyalin (copy-paste) segala dan keseluruhan konten 
Anas Blogging Tips

0 Response to "Bagaimana Cara Mencari Long Tail Keyword Yang SEO?"

Post a Comment