loading...

Cara Optimisasi SEO Untuk Gambar Artikel Blog

Cara Optimisasi SEO Untuk Gambar Artikel Blog - Pada artikel kali ini kita akan kembali membahas masalah SEO pada salah satu unsur penting untuk artikel blog kita. Selain harus legal, gambar yang hendak dijadikan sebagai ikon setiap artikel blog harus dioptimisasikan ke SEO an nya karena pada tahun 2016 ini setiap Web Crawlers dari setiap Search Engine baik Google, Bing ataupun Yahoo semuanya memperhatikan gambar dan akan menilai SEO dari suatu artikel melalui gambar juga. Jadi sekarang sobat harus mulai mengoptimisasi setiap gambar yang ada di blog sobat.

Cara Optimisasi SEO Untuk Gambar Artikel Blog by Anas Blogging Tips

Ketika Web Crawlers datang untuk memulai Indexing pada artikel sobat maka mereka akan memperhatikan segala unsur dari mulai Tag Heading, Backlink, Kepaduan Paragraf, Kualitas Artikel, Hingga Kualitas Gambar. Web Crawlers akan mengumpulkan data yang sangat lengkap dari struktur artikel sobat tersebut. Gambar juga menjadi salah satu bagian penting pada setiap blog dan website karena dengan gambar para visitor bisa mendapat gambaran yang lebih jelas. Anehnya, para Blogger masih belum mengetahui tentang informasi ini mereka hanya asal mengupload foto untuk artikel tanpa mementingkan kualitas nya.

Ada 3 Cara Untuk Mengoptimisasikan SEO Gambar untuk blog sehingga bisa tampil pageone di Google Image dengan keyword artikel yang tertarget.

1. Alt Tag Dan Nama File

Ketika visitor melihat gambar maka mereka dengan mudah bisa memahami apa maksud gambar tersebut terkait pada artikel yang mereka baca. Berbeda dengan komputer dan Web Crawler. Ketika Web Crawler mengindex artikel dan terdapat gambar didalamnya maka mereka tidak akan bisa melihat gambar tersebut dan tidak akan bisa mengetahui apa yang ada didalamnya, mereka akan membaca gambar tersebut melalui label dan dari Alt Tag serta Nama File dari gambar tersebut. Maka solusinya adalah sobat harus menambahkan Alt Tag dan mengubah setiap nama file yang menjadi gambar artikel sobat dengan keyword artikel sobat juga tentunya.

Contoh, sobat mengupload gambar kucing sobat yang bernama 'Sun', maka sobat memberi label dan Alt Tag bertuliskan 'Sun'. Maka Web Crawlers akan membaca tag tersebut dan tidak mengetahui apa sebenarnya 'Sun' yang ada di blog sobat tersebut dan yang akan terjadi ketika ada yang mencari dengan nama 'Sun' di Google Image yang muncul adalah sebuah matahari.

Nah, jadi itulah sistem kerja dari Alt Tag dan nama file gambar pada artikel blog sobat yang bisa mempengaruhi traffic dari Google Image.

Sekarang ini Blogger memudahkan penggunanya dalam memasukan Title dan Alt Tag, sobat tidak perlu susah mengedit HTML Template sobat, sobat cukup click pada gambar yang akan sobat masukkan Alt Tag nya lalu tekan tombol Property maka akan muncul 2 kolom yakni Title dan Alt Tag. Title Tag akan tampil ketika mouse di scroll pada gambar yang sudah di upload tadi dan Alt Tag berfungsi untuk menambah nilai SEO untuk Gambar pada artikel tersebut agar lebih mudah untuk tampil di Google Image.

Sama halnya dengan Alt Tag, sobat harus mengubah nama file gambar sebelum sobat upload pada blog sobat karena nama file tidak akan bisa berubah ketika sudah diupload. Jadi pastikan nama file terisi keyword dengan baik sesuai artikel sama halnya dengan Alt Tag.
 Baca juga : Cara Mencari Gambar Legal Secara Gratis

2. Tambah Caption

Setelah selesai mengupload gambar, sobat harus selalu menambahkan Caption pada setiap gambarnya karena Caption juga sangat bagus dalam memberi keterangan pada gambar sehingga ketika ada visitor yang mengunjungi Google Image lalu menemukan gambar artikel sobat bisa saja mereka akan mengunjungi artikel tersebut karena tertarik pada Caption yang tertulis pada gambar tersbeut. Lalu, bisa saja mereka akan tertarik dengan gambar-gambar dan konten pada blog sobat dan mulai mengelilingi blog sobat.

Ini akan sangat berpengaruh pada bounce rate blog sobat, semakin lama visitor berada di blog sobat maka akan semakin kecil bounce rate blog sobat. Jika ada visitor yang hanya sekedar mengunjungi blog sobat dan ketika melihat gambar pada artikel sobat lalu mereka tidak tertarik dan langsung menekan tombol back kembali pada Search Engine yang terjadi adalah bounce rate blog sobat semakin besar dan akan memperburuk nilai SEO blog sobat.

3. Besar File Gambar

Cara yang terakhir dari ketiga Cara Optimisasi SEO Untuk Gambar Artikel Blog adalah dengan mengkompress besar file gambar yang akan diupload. Masih berkaitan dengan bounce rate yang bisa mempengaruhi nilai SEO. Untuk mempertahankan dan merampingkan nilai Bounce Rate suatu blog tidak semudah yang dibayangkan. Semakin hari para visitor datang untuk mencari konten yang bisa memecahkan masalah mereka dan mereka ingin cepat dalam mendapatkan nya. Dan ini berkaitan dengan kecepatan loading blog, jika sampai 8 detik blog masih loading maka visitor akan segera kabur dari blog tersebut dan mencari blog lain. Nah disinilah besar file gambar pada artikel blog berpengaruh besar.

Jika kecepatan loading artikel blog sobat lambat dikarenakan besarnya file gambar pada artikel tersebut, maka sobat harus bisa mengkompress ukuran filenya agar lebih kecil tetapi kualitas harus tetap terjaga. Gambar yang diambil langsung dari kamera DSLR dan diupload pada blog sobat memang sangat bagus resolusi dan kualitasnya tetapi ukuran nya bisa mencapai 1,4 Mb dan bisa membuat loading artikel sangat lambat. Jika hal ini terjadi maka akan semakin memperburuk nilai SEO blog.

Solusinya adalah dengan mengkompress ukuran file gambar yang akan diupload, sobat bisa menggunakan berbagai layanan Picture Compress seperti google picasa, atau bisa mengkompress nya secara manual melalui Photoshop. Tetapi jika sobat bingung, ada 2 website yang memberikan layanan untuk mengkompress gambar dengan mudah, yakni Yahoo's Smushitdan Kraken. Ketika sobat membuka 2 website tersebut maka sobat tinggal mengupload gambar yang akan dikompress dan mereka akan bekerja dengan sendirinya menemukan ukuran yang pas untuk blog sobat.

Jadi, dari keseluruhan nilai SEO suatu blog bukan dilihat dari konten nya saja, melainkan dari sleuruh data yang terstruktur dari blog tersebut termasuk gambar. Sobat harus bisa mengoptimisasikan semuanya dengan baik


Dan silahkan follow Anas Blogging Tips untuk terus mengetahui Panduan, Trik, Dan Tips Lengkap Lain nya Tentang Blogging serta nantikan artikel berikutnya ya.

Terima kasih sobat telah membaca artikel "Cara Optimisasi SEO Untuk Gambar Artikel Blog". Sobat tidak diperbolehkan untuk menyalin (copy-paste) segala dan keseluruhan konten 
Anas Blogging Tips

0 Response to "Cara Optimisasi SEO Untuk Gambar Artikel Blog"

Post a Comment