[Panduan] Cara Backup Situs WordPress ke Penyimpanan Google Drive

Cara Backup Situs WordPress ke Penyimpanan Google Drive

WordPress adalah platform blog paling populer di luar sana. Lebih dari 30% dari semua situs web di yang ada di internet saat ini didukung oleh WordPress. Karena popularitasnya, peretas terus mencoba menyerang situs WordPress setiap saat.

Ada bot otomatis yang digunakan di internet untuk secara otomatis mendaftarkan akun di situs WordPress Anda, meninggalkan komentar spam di blog, mencoba menebak kata sandi akun WordPress dan banyak aktivitas berbahaya lainnya.

Selain itu, kerentanan pada plugin dan tema WordPress adalah celah lainnya bagi peretas untuk mengeksploitasi blog WordPress Anda. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menyimpan cadangan (backup) situs WordPress Anda.

Pada artikel ini, saya akan memandu Anda pada salah satu cara termudah dan paling direkomendasikan untuk membuat backup blog wordpress menggunakan plugin UpdraftPlus.

Mengapa Menggunakan UpdraftPlus Untuk Backup WordPress?

Pertanyaan yang bagus.

UpdraftPlus adalah plugin backup yang sangat populer dan tepercaya di komunitas pengguna WordPress. Plugin ini sangat direkomendasikan karena kemampuannya untuk menjadwalkan backup otomatis dan menyimpan backup ke akun Google Drive Anda secara gratis tanpa biaya tambahan dan sangat cocok untuk para pemilik web.

Sebelum itu, pertama mari kita lihat dahulu cara menyiapkan plugin UpdraftPlus di WordPress.

Cara Mengaktifkan UpdraftPlus di WordPress

Pertama, pastikan Anda masuk ke dasbor admin WordPress Anda. Pergi ke menu Plugin > Tambah Baru. Kemudian ketik dan cari "Updraft".

Instal Plugin UpdraftPlus

Hasil pertama yang akan Anda lihat pasti muncul plugin UpdraftPlus. Klik tombol Instal Sekarang untuk menginstal plugin ke WordPress Anda. Setelah instalasi selesai, Anda akan melihat tombol untuk Aktifkan. Klik tombol tersebut untuk mengaktifkan plugin ini. Nantinya akan membawa Anda ke halaman Plugin yang Terinstal dan Anda akan melihat plugin UpdraftPlus ada di sana.

Plugin tersebut sekarang berhasil diaktifkan di blog WordPress Anda. Sekarang mari kita lihat cara mengaktifkan fitur Backup via Google Drive di UpdraftPlus.

Cara Aktifkan Backup ke Google Drive

Untuk mengaktifkan fitur Backup ke Google Drive untuk WordPress dengan UpdraftPlus, kita perlu pergi ke halaman setting UpdraftPlus. Anda bisa akses ke sana dari halaman Plugin yang Terinstal. Di halaman tersebut, klik pada link Settings di samping plugin untuk pergi ke halaman pengaturan UpdraftPlus.

Cara Aktifkan Backup ke Google Drive

Atau, Anda juga bisa menuju ke pengaturannya melalui Pengaturan > UpdraftPlus Backups.

Settings UpdraftPlus

Pada tab Settings di halaman plugin UpdraftPlus, pilih Google Drive. Selanjutnya gulir ke bawah dan klik tombol Simpan Perubahan.

Backup WP ke Google Drive

Halaman ini nantinya akan dimuat ulang dan Anda akan melihat kotak pop-up yang muncul disana untuk mengotorisasi akses ke akun Google Drive Anda. Klik pada link tersebut dan Anda akan dibawa ke halaman login Google. Pilih akun Google tempat Anda ingin menyimpan cadangan WordPress.

Allow Google Drive

Klik Allow untuk memberi otorisasi akses. Anda harus melihat halaman dari UpdraftPlus untuk menyelesaikan pengaturan.

Complete Setup

Klik tombol tersebut dan nantinya akan diarahkan kembali ke halaman admin WordPress Anda.

Situs WordPress Anda sekarang terhubung ke penyimpanan Google Drive. Sekarang, kita dapat langsung mengambil cadangan blog Anda, tetapi sebelum itu, mari siapkan pencadangan terjadwal. Pencadangan terjadwal sangat membantu karena selama WordPress Anda terhubung ke Google Drive, maka secara otomatis akan mengambil cadangan blog dan menyimpannya di Google Drive.

Backup / Restore

Di tab Settings, pilih interval yang Anda inginkan untuk membuat cadangan. Saya sarankan mengambil backup Mingguan. Pastikan interval dan retensi data sama untuk backup File dan backup Database. Agar hal tersebut tidak membuat Anda kebingungan jika akan memulihkan cadangan.

Klik Simpan Perubahan dan mari buat backup pertama kita.

Backup Now

Beralih ke tab Backup / Restore dan klik tombol Backup Now.

Pastikan tiga opsi pertama dipilih. Klik Backup Now dan nantinya akan memulai membackup situs WordPress Anda dan menyimpannya ke Google Drive. Proses ini membutuhkan waktu tidak lebih dari 5 menit.

Setelah proses backup selesai, Anda akan melihat file backup tadi tercantum di bagian Cadangan yang sudah dibuat barusan.

Jadi itu dia. Backup WordPress ke Google Drive berhasil dikonfigurasi dan nantinya plugin tersebut akan secara otomatis membackup data web kita dan mengirimkannya ke Google Drive Anda sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukantadi.

Jika Anda memiliki masalah ketika menggunakan plugin ini, Anda bisa report dengan memposting di forum dukungan mereka di sini.

Akhir Kata

Saya harap panduan ini bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa mampir kembali untuk mendapatkan panduan dan tips seputar WordPress di blog ini. Atau anda bisa berkomentar langsung jika ingin menanyakan sesuatu yang relevan dengan konten artikel di atas.
Afindo Kei Sudah mendalami dunia blogging semenjak tahun 2015 silam. Hasil? Ahh KEPO!

0 Response to "[Panduan] Cara Backup Situs WordPress ke Penyimpanan Google Drive"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel