Cara Mengatasi Web / Blog Diblokir Oleh Facebook dan Instagram

Cara Mengatasi Blog Diblokir Oleh Facebook

Baru-baru ini, ada peningkatan jumlah keluhan di Komunitas Bantuan Blogger Resmi perihal tidak dapat membagikan blog Blogger / Blogspot mereka di platform media sosial seperti Instagram, Facebook, Messenger, dan bahkan di WhatsApp.

Dari pengamatan saya, sepertinya jika sebuah blog sudah diblokir di salah satu platform, maka blog tersebut juga diblokir dan tidak dapat dibagikan pada platform lain yang dimiliki oleh perusahaan Facebook Inc. Jika Anda beruntung, blog Anda dapat terbebas dari pemblokiran Facebook dan Instagram.

Mari cari tahu caranya.

Ketika Anda mempublikasikan postingan baru, tentu Anda ingin postingan tersebut dibaca oleh teman-teman Anda dan orang-orang lainnya. Cara terbaik untuk membawa pembaca ke blog Anda adalah dengan membagikan postingan di platform media sosial terbesar seperti Facebook dan Instagram.

Tetapi bagaimana jika blog Anda masuk blacklist Facebook?

Dalam postingan kali ini, saya akan berbicara yang topik utamanya mengenai:
  1. Mencari tahu apakah blog Anda diblokir di Facebook dan Instagram;
  2. Mengapa blog Anda diblokir oleh Facebook dan Instagram;
  3. Cara Unblock blog Anda di Facebook dan Instagram.
So, mari kita bahas detailnya.

Cari tahu apakah blog Anda diblokir di Facebook dan Instagram

Sangat penting untuk mengetahui apakah blog atau situs web Anda diblokir di Facebook.

Mengapa penting?

Coba pikirkan, jika pembaca setia Anda tidak dapat membagikan blog Anda di timeline mereka, Anda mungkin kehilangan banyak potensi trafik yang bagus. Tidak hanya itu, pembaca setia Anda mungkin akan menjadi skeptis terhadap Anda dan blog Anda saat melihat peringatan menakutkan dari Facebook.

Facebook dan Instagram terintegrasi dengan baik satu sama lain. Jadi, jika blog Anda diblokir dan tidak bisa dibagikan di Facebook, kemungkinan besar juga akan diblokir di Instagram. Blog Anda juga tidak bisa dibagikan melalui DM Instagram atau di Facebook Messenger.

Menurut kabar terbaru, Facebook Inc. juga berencana untuk mengintegrasikan WhatsApp Messenger dengan Facebook. Jadi, apakah Anda peduli atau tidak tentang blog Anda diblokir di platform media sosial utama, yang jelas hal tersebut akan memberikan citra buruk pada blog Anda.

Bagaimana cara mengetahui apakah blog Anda diblokir oleh Facebook?

Untuk mengetahui apakah blog atau situs Anda diblokir di Facebook, cara termudahnya adalah dengan membuat postingan baru di feed Facebook, kemudian arahkan link ke blog.

Jika blog Anda diblokir, postingan tidak akan dipublish dan Anda akan melihat notifikasi seperti di bawah ini.

blog diblokir facebook

Untuk mengetahui apakah blog diblokir di Instagram, cara terbaik adalah dengan mengirim DM URL blog ke salah satu teman Anda.

Jika blog Anda dibanned, DM tidak akan masuk dan Anda akan melihat tanda silang merah di bawah pesan seperti yang terlihat pada gambar di bawah.

blog diblokir instagram

Alternatif lainnya, Anda juga bisa menggunakan tool Facebook sharing debugger tool.

Jika blog Anda diblokir, Anda akan melihat pesan error yang mengatakan:
We can’t review this website because the content doesn’t meet our Community Standards. If you think this is a mistake, please let us know.
Seperti yang terlihat pada penampakan gambar berikut.

blog dibanned oleh facebook

Mengapa blog Anda diblokir di Facebook dan Instagram

Sayangnya, Facebook sendiri tidak benar-benar secara pasti memberikan alasan mengapa memblokir blog Anda. Pihak FB hanya mengatakan bahwa konten blog Anda tidak memenuhi standar komunitas mereka dan hal tersebut mempersulit blog biasa yang bahkan tidak melanggar pedoman komunitas.

Menurut halaman Bantuan Facebook ini, mereka dapat memblokir web dari berbagi konten yang tampak mencurigakan atau menyalahgunakan sistem keamanan mereka. Kita tidak tahu kriteria atau metode apa yang digunakan Facebook dalam sistem keamanan otomatis mereka untuk menentukan apakah suatu konten mencurigakan atau dianggap menyimpang atau menyinggung pihak lain.

Mungkin ada beberapa alasan mengapa blog Anda dianggap menyinggung pihak lain:

Spam Blog Secara Berlebihan di Facebook

Beberapa orang menjadi terlalu antusias dengan postingan blog baru mereka dan melakukan sharing yang jatuhnya spam di setiap grup Facebook, berharap dapat mendatangkan pengunjung. Hal Ini sebenarnya adalah ide yang buruk dan dapat memicu sistem keamanan Facebook untuk menandai blog dan akun FB Anda sebagai akun yang mencurigakan.

Orang Lain Melaporkan Postingan Anda Sebagai Spam

Meskipun sistem keamanan Facebook tidak menandai Anda sebagai spammer, ada kemungkinan bahwa pengguna lain di Facebook mungkin telah melaporkan postingan Anda sebagai spam. Ini sangat mungkin terjadi jika Anda terus membagikan tautan blog Anda pada grup atau post-post yang tidak relevan.

Mungkin ada konten yang tidak pantas di blog Anda

Blog Anda mungkin memiliki beberapa konten yang memicu sistem keamanan Facebook saat mereka memindai blog tersebut. Mungkin penyebabnya karena ada kata-kata vulgar atau bahkan tautan ke situs eksternal yang mungkin memiliki konten yang tidak pantas menurut Facebook.

Kesalahan dari pihak Facebook

Sistem keamanan Facebook adalah otomatis dan mungkin saja sistem otomatis semacam itu terkadang memiliki kekurangan sehingga salah mendeteksi sesuatu. Namun bila menyangkut blog Blogger, tampaknya Facebook berkali-kali salah dan secara tidak adil menandainya sebagai pelanggar standar komunitas mereka.

Pola umum yang saya amati dalam blog Blogspot yang dilarang secara tidak adil adalah:

Tidak ada sertifikat HTTPS / SSL

Ini sudah tahun 2020! Semua transfer data melalui internet diharapkan secara default berlangsung dalam bentuk yang aman dan terenkripsi melalui HTTPS. Untuk situs web atau blog, komunikasi aman ini diaktifkan oleh sertifikat SSL.

Beberapa blog Blogspot yang diblokir di Facebook tidak mengaktifkan HTTPS. Blogger menyediakan sertifikat HTTPS / SSL secara gratis untuk semua blog di platformnya. Jika fitur HTTPS pada blog Anda belum diaktifkan, aktifkan sekarang.

Menggunakan Domain Gratisan

Blogger adalah layanan gratis dan siapa saja dapat membuat blog baru dengan sub-domain gratis yang URL-nya .blogspot.com. Meskipun kedengarannya bagus, ada sisi buruknya. Jumlah penyalahgunaan yang dilakukan orang-orang dengan platform Blogger terlalu banyak.

Saya memiliki daftar lebih dari seratus ribu blog di platform Blogger yang dirancang untuk tidak melakukan apa-apa selain mengalihkan lalu lintas ke berbagai situs yang melanggar standar komunitas Facebook.

Jadi, melihat blog Anda juga menggunakan URL .blogspot.com gratis, mungkin saja sistem mereka mencurigai jika blog Anda adalah salah satunya.

Masalah ini tidak hanya pada domain .blogspot.com saja. Ekstensi domain gratis seperti .tk, .wordpress.com juga dapat terkena masalah ini, tergantung pada seberapa banyak spam yang ada pada domain tersebut.

Cara terbaik untuk menghindari situasi seperti itu adalah dengan menggunakan nama custom domain untuk blog Anda.

Untungnya, meskipun blog Anda diblokir secara tidak adil, Facebook menyediakan cara untuk meminta peninjauan yang kemudian akan ditinjau secara manual oleh manusia, bukan robot.

Selanjutnya kita akan membahas tentang bagaimana cara meminta peninjauan.

Cara Unblock Blog di Facebook dan Instagram

Ada banyak cara untuk terlepas dari pemblokiran blog di Facebook dan Instagram. Mari kita bahas.

Mengaktifkan HTTPS

Tidak mengaktifkan HTTPS adalah salah satu tanda bahaya utama saat ini. Masuk akal jika Facebook tidak ingin penggunanya diekspos ke situs web yang tidak aman. Jika Anda belum mengaktifkan HTTPS di blog atau situs web Anda, Anda harus mengaktifkannya.

Baca: Cara Mendapatkan dan Mengaktifkan Sertifikat SSL / HTTPS Gratis di Blogger

Menggunakan Custom Domain

Seperti yang disebutkan sebelumnya, menggunakan domain gratis seperti .blogspot.com atau .tk mungkin membuat Anda bermasalah nantinya. Cara terbaik adalah mendapatkan nama domain sendiri yang tepat untuk blog.

Nama custom domain harganya hanya berkisar di Rp.20.000 - Rp.150.000 setahun dan menambahkan custom domain juga sangat mudah.

Minta Peninjauan

Ini adalah cara termudah untuk membuka blokir blog Anda. Facebook menyediakan cara untuk meminta peninjauan kiriman Facebook Anda yang kemudian akan ditinjau secara manual oleh manusia.

Untuk meminta peninjauan, periksa notifikasi pemberitahuan Anda untuk melihat detail lebih lanjut dan akan ada opsi yang mirip seperti di bawah ini.

cara unblock blog di facebook

Atau, jika Anda berada di halaman tool Facebook sharing debugger, klik tautan "beri tahu kami" untuk meminta peninjauan.

Jika pihak FB menyebutkan tentang masalah apa yang ada di blog Anda sehingga bisa bertentangan dengan standar komunitas Facebook, maka silahkan atasi dan perbaiki hal tersebut. Saat Anda berada di Facebook, Anda harus bermain sesuai aturan mereka.

Migrasi Blog ke Platform Lain

Jika tidak ada satupun dari solusi di atas yang dapat mengatasi masalah pemblokiran blog Anda di Facebook dan Instagram, mungkin inilah saatnya untuk bermigrasi ke platform blog lain seperti WordPress atau layanan hosting di mana masalah seperti itu jarang terjadi.

Ada begitu banyak penyedia layanan hosting yang hemat biaya sekarang ini. Pilih spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan, jangan sampai mubazir spesifikasi hosting yang ujung-ujungnya tidak juga digunakan.

Kesimpulan

Jika peduli dengan blog Anda dan serius mengenai perkembangannya, maka penting untuk blog tersebut memiliki reputasi yang baik di platform media sosial. Pada artikel ini, saya mencoba yang terbaik untuk membahas masalah ini secara detail dan mengusulkan solusi terbaik untuk terbebas dari pemblokiran blog / situs web Anda di Facebook dan Instagram dan saya harap Anda merasa terbantu degan adanya postingan ini.

Siapa saja disini yang blognya diblokir oleh Facebook atau Instagram? Bagaimana Anda menanganinya? Jangan ragu untuk membagikan pengalaman Anda pada bagian kolom komentar di bawah.
Afindo Kei Sudah mendalami dunia blogging semenjak tahun 2015 silam. Hasil? Ahh KEPO!

2 Responses to "Cara Mengatasi Web / Blog Diblokir Oleh Facebook dan Instagram"

  1. Tidak harus blogspot yang di blog domain tld juga bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Noted, masukan baru untuk solusi di atas 👍

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel