Cara Menulis Rumus Matematika (Equation) di Blog Blogger dan WordPress

cara menulis rumus matematika di blog

Jika blog Anda tentang topik pendidikan seperti matematika, sains, atau teknik, Anda mungkin kesulitan karena tidak tahu bagaimana cara menulis persamaan rumus matematika dan ilmiah di postingan blog Anda.

Anda dapat menggunakan pengolah Word seperti Microsoft Office Word atau Google Docs untuk menulis persamaan rumus matematika di sana, lalu tinggal screenshot saja dan kemudian mengunggahnya di blog Anda.

Namun tahu tidak? Ternyata ada cara yang jauh lebih mudah dan lebih baik untuk menulis dan menampilkan rumus matematika (equation) di blog atau halaman web Anda.

Pada artikel ini, saya akan membahas berbagai metode dan tool yang bisa memudahkan untuk membantu Anda menulis equation rumus matematika di blog atau halaman web Anda. Metode dan tool ini akan berfungsi di halaman web atau platform blog seperti Blogger atau WordPress.

Mari kita mulai.

Tool Untuk Menulis Rumus Matematika di Blog

Menggunakan Editor Postingan di Blogger

Editor postingan di Blogger memiliki beberapa masalah umum dan mungkin terlihat agak ketinggalan jaman untuk saat ini. Namun, masih cukup lumayan kaya-lah fiturnya.

Salah satu opsi di editor postingan Blogger adalah kemampuannya untuk memasukkan karakter-karakter khusus. Karakter khusus ini juga mencakup simbol yang biasa ditemukan dalam rumus matematika dan rumus ilmiah.

Untuk menggunakan editor postingan Blogger, buat postingan atau halaman baru di blog Blogger Anda dan cari ikon Smiley di toolbar. Klik pada ikon tersebut untuk membuka daftar karakter khusus.

simbol rumus matematika di editor blogger

tool simbol karakter khusus ini dapat berguna untuk menulis rumus sederhana dan masih dasar. Jika Anda ingin menggunakan karakter ini di blog WordPress atau di halaman web mana pun, cukup salin dari editor postingan Blogger dan tempel di sana.

Menggunakan JqMath

menulis rumus matematika di blog dengan jqMath

JqMath adalah pustaka Javascript yang memudahkan kita untuk menginput simbol dan karakter matematika yang diformat di halaman web. Tool Ini menggunakan sintaks sederhana seperti TeX, dengan semantik MathML.

Jika Anda ingin menambahkan pustaka jqMath ke blog atau halaman web Anda, cukup tambahkan baris kode berikut tepat sebelum bagian </head> di menu Edit HTML.

<meta charset="utf-8">
<link rel="stylesheet" href="https://cdn.jsdelivr.net/npm/jqmath@0.4.9/src/jqmath.css"><script src="https://cdn.jsdelivr.net/npm/jquery@3.4.1/dist/jquery.min.js"></script>
<script src="https://cdn.jsdelivr.net/npm/jqmath@0.4.9/dist/jqmath.min.js" charset="utf-8"></script>

Lihat detail lebih lanjut tentang jqMath disini.

Menggunakan KaTeX

menulis rumus matematika di blog dengan katex

KaTeX mengklaim dirinya sebagai pustaka penyusunan simbol matematika tercepat untuk sebuah situs web. Tidak seperti jqMath yang memiliki ketergantungan pada pustaka jQuery, Katex tidak memiliki ketergantungan pada pustaka pihak ketiga lainnya.

Untuk menggunakan KaTeX, cukup tambahkan baris kode berikut sebelum bagian </head> template HTML Anda.

<span class="hljs-name">link rel="stylesheet" href="https://cdn.jsdelivr.net/npm/katex@0.11.0/dist/katex.min.css">
<script defer src="https://cdn.jsdelivr.net/npm/katex@0.11.0/dist/katex.min.js"></script>
<script defer 
src="https://cdn.jsdelivr.net/npm/katex@0.11.0/dist/contrib/auto-render.min.js" onload="renderMathInElement(document.body);"></script>

Lihat detail lebih lanjut tentang KaTeX disini.

Menggunakan MathJax

menulis rumus matematika di blog dengan Mathjax

MathJax adalah pustaka Javascript lainnya yang berguna untuk menampilkan persamaan rumus matematika di blog. Tool ini sangat populer jika dibandingkan dengan tool lainnya yang disebutkan di atas tadi. MathJax bekerja dengan pembaca layar & menyediakan zoom ekspresi dan eksplorasi interaktif. Anda juga dapat copy-paste rumus tersebut ke Office, LaTeX, wiki, dan perangkat lunak lainnya.

Untuk menggunakan MathJax di halaman web Anda, cukup tambahkan baris kode berikut sebelum bagian </head> dari template HTML Anda.

<script src="https://polyfill.io/v3/polyfill.min.js?features=es6"></script>
<script id="MathJax-script" async src="https://cdn.jsdelivr.net/npm/mathjax@3/es5/tex-mml-chtml.js"></script>

Lihat detail lebih lanjut tentang MathJax disini.

Cara Menambahkan Script di Blogger dan WordPress

Sampai disini dalam artikel ini, saya telah menyebutkan beberapa opsi cara menambahkan tool - jqMath, KaTeX dan MathJax pada halaman HTML biasa. Jika Anda bingung di mana tempat menambahkan script tool-tool tersebut di blog Blogger atau blog WordPress, silahkan baca terus.

Cara Menambahkan Script di Blogger

Untuk menambahkan skript di blog Blogger, Anda perlu mengedit kode HTML template Blogger Anda. Buka Tema > Edit HTML dan klik di mana saja dalam kode dan tekan Ctrl + F untuk membuka bilah pencarian. Cari kode </head> dan tempelkan script yang sudah saya bagikan di atas untuk setiap tool-tool tadi sebelum kode tersebut.

Cara Menambahkan Script di WordPress

Untuk menambahkan skript di blog WordPress, Anda dapat menggunakan Plugin untuk memudahkan dalam mengeksekusinya. Pada dasbor admin WordPress Anda, buka Plugins > Add New dan cari plugin "Insert Headers and Footers" dan tempel kode di plugin tersebut.

Cukup mudah bukan?

Penutup

Saya harap artikel ini bisa berguna dan membantu Anda untuk memudahkan dalam menulis rumus matematika dan rumus persamaan ilmiah lainnya dengan cara yang lebih mudah dan juga lebih baik.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam menerapkan solusi-solusi di atas, jangan ragu untuk berkomentar di bawah atau bertanya langsung dengan mengunjungi laman Kontak.
Afindo Kei Sudah mendalami dunia blogging semenjak tahun 2015 silam. Hasil? Ahh KEPO!

1 Response to "Cara Menulis Rumus Matematika (Equation) di Blog Blogger dan WordPress"

  1. Info yang bermanfaat, bisa nih gw praktekkan di blog. Memang belom ada tag matematika sih, tp boleh disave dulu deh. Thanks!


    Jangan lupa mampir di blog gw juga ya di :
    blogrebahan.my.id

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel