Cara Membuat Halaman Contact Us Dengan Menggunakan Google Form Untuk Blog

membuat halaman contact us dengan google form di blog

Halaman Contact Us (Kontak) selalu menjadi ide yang tepat untuk memiliki semacam saluran komunikasi terbuka dengan para pengunjung di blog atau situs web Anda. Saluran komunikasi ini dapat berupa obrolan langsung, berkomentar, atau bahkan formulir kontak sederhana.

Memiliki saluran komunikasi tidak hanya membantu Anda menerima feedback atas konten-konten Anda, namun juga memberikan cara mudah bagi orang-orang yang memiliki peluang potensial untuk terhubung dengan Anda. Dalam posting kali ini, saya akan menunjukkan cara mudah membuat formulir Contact Us di situs Anda menggunakan alat Google Form secara gratis.

Bagi kebanyakan dari kita, Google Form jarang terlintas dalam benak kita saat memikirkan tentang cara membuat kontak form. Padahal, sangat mudah jika kita menggunakan Google Form agar bisa berfungsi sebagai formulir kontak.

Mengapa Harus Menggunakan Google Form Untuk Membuat Halaman Contact Us?

Saya memahami bahwa Google Form mungkin bukan cara profesional dan terbaik untuk menyiapkan formulir kontak di blog atau situs web. Tetapi ini adalah layanan yang andal dan sangat mudah diatur dan dikelola di luar kotak.

Platform blog populer seperti Blogger dan WordPress memiliki solusi formulir kontak yang dapat dengan mudah diintegrasikan hanya dengan mengklik beberapa tombol saja. Namun keandalannya untu saat ini masih dipertanyakan.

Untuk Blogger, Anda dapat menambahkan gadget Formulir Kontak yang dibuat oleh Blogger dari opsi Tata Letak. Namun, gadget ini tidak selalu berfungsi sebagaimana mestinya. Jika Anda mencari istilah "formulir kontak" di forum resmi Dukungan Blogger, Anda dapat melihat banyak laporan tentang gadget Formulir Kontak Blogger tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Masalah ini telah terjadi sewaktu-waktu pada Blogger dan oleh karena itu saran saya adalah jangan mengandalkan gadget Formulir Kontak dari pihak Blogger.

Untuk WordPress, WordPress tidak menyediakan fitur formulir kontak apa pun di platformnya. Anda harus menginstal plugin untuk itu dan Contact Form 7 adalah salah satu plugin yang populer digunakan. Namun, Anda mungkin menemukan beberapa problem atau masalah teknis yang mungkin membuat Anda kecewa. Misalnya, plugin formulir kontak mungkin gagal mengirimkan email kepada Anda dari pengiriman pesan oleh pengguna karena berbagai alasan seperti:
  • Port email tertutup di host web Anda.
  • Email disaring karena terlihat seperti spam.
Kita tidak boleh lupa bahwa tujuan utama formulir kontak adalah menyediakan cara bagi pengunjung web untuk mengirim pesan kepada Anda. Dari perspektif itu, Google Form saya rasa sangat cocok jika Anda seorang blogger sederhana atau memiliki situs web sederhana dan tidak ingin menghabiskan banyak waktu atau uang untuk mengintegrasikan fitur yang ribet di situs web atau blog Anda.

Keuntungan Menggunakan Google Form

Ada beberapa keuntungan menggunakan Google Form sebagai formulir kontak, tetapi saya hanya akan menyebutkan 3 teratatas untuk mempersingkatnya.

Yang pertama dan terpenting adalah, cukup mudah untuk menyiapkan dan mengelola Google Form. Tidak perlu lebih dari 5 menit untuk membuat formulir kontak baru dan bisa langsung digunakan untuk keperluan Contact Form web Anda.

Kedua, Google Form adalah layanan yang disediakan di atas infrastruktur Google. Keandalan layanan yang disediakan oleh Google Form saya rasa cukup terjamin. Ini juga berarti bahwa fungsionalitas formulir kontak tidak bergantung pada batasan teknis atau masalah lain dengan platform tempat situs Anda dihosting.

Ketiga, Google Form benar-benar gratis untuk kita gunakan. Anda juga dapat mengintegrasikan pencegahan spam menggunakan layanan reCAPTCHA hanya dengan beberapa klik tanpa biaya tambahan.

Menggunakan Google Form Sebagai Formulir Halaman Contact

Jika Anda membaca ini, Anda mungkin tertarik untuk mempelajari cara menyiapkan Google Form sebagai formulir kontak. Saya akan memandu Anda dari awal hingga akhir proses ini.

Ikuti saja!

Untuk menggunakan Google Form, Anda memerlukan akun Google tentunya. Jika Anda memiliki akun Gmail, maka Anda sudah memiliki akun Google. Silahkan kunjungi dasbor Google Form.

Google Form sudah memiliki lusinan formulir siap pakai. Anda harus melihatnya di bawah Galeri Template. Cukup klik di Galeri Template dan di bawah bagian Pribadi, Anda akan melihat formulir Informasi Kontak prebuilt seperti yang terlihat pada gambar di bawah.

Galeri template google form

Klik pada Templat formulir Informasi Kontak prebuilt untuk mengeditnya. Sesuaikan formulir dengan kebutuhan Anda.

Untuk penggunaan formulir kontak, tiga bidang ini - Nama, Email dan Pesan saja saya rasa sudah cukup. Saya juga merekomendasikan untuk membuat bidang ini sesuai kebutuhan. Setelah selesai, formulir yang dimodifikasi akan terlihat seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.

Form Contact Us menggunakan Google Form

Sekarang kita perlu mengumpulkan tanggapan dan mendapatkan pemberitahuan email untuk setiap pesan yang baru masuk setelah pengunjung mengirimnya. Untuk itu, alihkan ke tab Respons.

Di sini, kita dapat mengaktifkan atau menonaktifkan menerima respon baru dengan mengaktifkan opsi "Menerima tanggapan".

Untuk mendapatkan pemberitahuan email untuk setiap pesan baru, klik pada tiga titik dan kemudian klik opsi "Dapatkan notifikasi email untuk respons baru" untuk mengaktifkannya. Jika diaktifkan, Anda akan melihat ikon centang di sampingnya seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.

mendapatkan notifikasi email dari google form

Anda juga dapat mengumpulkan tanggapan ke spreadsheet dari opsi "Pilih tujuan tanggapan".

Kita hampir siap. Sebelum kita membagikan Google Form ini, Anda mungkin perlu menyesuaikan beberapa pengaturan lainnya. Untuk menyesuaikan pengaturan formulir ini, klik ikon roda gigi di sudut kanan atas.

Saya sarankan untuk tidak mencentang opsi berikut di Setelan Umum:
  • Batasi ke 1 tanggapan;
  • Edit setelah mengirimkan;
  • Lihat diagram ringkasan dan respons teks.
Setelah Anda memiliki bidang yang tidak dicentang, setelan Umum akan terlihat seperti yang ada pada gambar di bawah.

setelan umum google form

Pada pengaturan Presentasi, saya menyarankan Anda untuk mengubah pesan konfirmasi default dengan sesuatu yang lebih cocok untuk formulir kontak, seperti, “Terima kasih telah menghubungi kami! Kami akan segera menghubungi Anda kembali."

Pastikan untuk mengklik tombol "Simpan" untuk menerapkan perubahan yang baru saja kita buat.

Formulir kontak kita sekarang sudah siap digunakan. Untuk menambahkan formulir kontak ini ke situs web Anda, kita perlu mendapatkan embed code. Untuk itu, klik tombol "Kirim" di pojok kanan atas.

embed code google form

Beralih ke tab sematkan di jendela untuk melihat kode semat. Anda juga dapat menyesuaikan tinggi dan lebar sematan di sini. Klik tombol "Salin" untuk menyalin kode semat untuk formulir kontak yang dibuat menggunakan Google Form.

Kita dapat menggunakan kode embed ini untuk menambahkan form kontak kita ke halaman web manapun.

Menambahkan Contact Form di Blogger

Untuk menambahkan formulir kontak ini di Blogger, saya sarankan untuk membuat halaman baru di blog Blogger Anda yang bernama "Hubungi Kami/Kontak/Contact Us" atau yang serupa.

Beralih ke mode Tampilan HTML dengan tanda ikon < > di editor Blogger dan tempel kode sematan di sana seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.

contact form di blogger

Publikasikan perubahan dengan mengklik tombol "Perbarui" atau tombol "Publikasikan".

Formulir kontak sekarang tersedia di halaman kontak blog. Jangan ragu untuk mengujinya dan melihat apakah itu berfungsi sebagaimana mestinya. Blog Anatips.com juga menggunakan contact form dari google form, silahkan cek demonya halam Kontak Web Anas Blogging Tips.

Menambahkan Contact Form di WordPress

Untuk menambahkan formulir kontak ini di WordPress, saya sarankan membuat halaman baru di blog WordPress Anda bernama "Hubungi Kami/Kontak/Contact Us" atau yang serupa.

Beralih ke mode Teks di editor WordPress dan tempelkan kode sematan di sana seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah. Silahkan gunakan plugin Classic Editor agar tampilan editornya seperti gambar di bawah.

contact form di wordpress

Jika Anda menggunakan Gutenberg - editor WordPress modern, tambahkan blok Custom HTML dan tempel kode sematan di dalamnya.

embed contact form di wordpress

Publikasikan perubahan dengan mengklik tombol "Update" atau tombol "Publish".

Formulir kontak sekarang tersedia di halaman kontak blog. Jangan ragu untuk mengujinya dan melihat apakah embed kode tadi berfungsi sebagaimana mestinya ataukah tidak.

Penutup

Inspirasi penulisan artikel ini adalah untuk memberikan alternatif solusi simple bagi para blogger yang mengalami kesulitan dengan gadget Formulir Kontak yang disediakan oleh Blogger. Membuat formulir kontak menggunakan Google Form adalah solusi yang mudah dan andal untuk masalah tersebut.

Saya harap juga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jika Anda mengalami kesulitan dalam menerapkan solusi formulir kontak ini di situs web atau blog Anda, silakan berkomentar di bawah.
Afindo Kei Sudah mendalami dunia blogging semenjak tahun 2015 silam. Hasil? Ahh KEPO!

0 Response to "Cara Membuat Halaman Contact Us Dengan Menggunakan Google Form Untuk Blog"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel