Cara Setting Tag Header Robot Kustom di Blogger [SEO Powerfull]

cara setting tag header robot kustom di blogger

Apa Anda tahu bahwa ada yang namanya robot pencari pada search engine? Mereka ini bertanggung jawab untuk mengenali pembaruan di situs atau blog kita dan memberi tahu mesin pencari tentang hal yang mereka temukan.

Dengan bantuan tag standar yang tepat, Anda dapat berkomunikasi dengan crawler untuk meningkatkan dan menurunkan visibilitas pencarian. Itulah tepatnya yang akan Anda baca dalam postingan kali ini.

Saya akan memandu Anda bagaimana cara setting tag header robot kustom untuk blogger (pada blogger versi lama disebut dengan Tag Tajuk Robot Khusus) agar bisa memaksimalkan bidang SEO on Page dan memanjakan robot yang bertugas sebagai crawler.

Cara Setting Tag Header Robot Kustom di Blogger

Hal pertama sekali, saya harap Anda adalah pengguna Blogger yang sedang berharap dapat meningkatkan eksposur mesin pencari Anda sehingga bisa memaksimalkan trafik organik untuk mencapai puncaknya.

Jika benar demikian, saya sarankan untuk mengikuti panduan ini dan mengaktifkan tag tajuk robot khusus untuk visibilitas mesin telusur yang optimal (terutama untuk blog baru).

Sebelum memasuki proses setting tag tajuk robot khusus di Blogger, Anda harus tahu dulu hal-hal apa saja yang ada pada setting tersebut.

Tag Header Robot Kustom dan Tujuan Mensettingnya

Di Blogger, Anda akan berurusan dengan tag tajuk robot khusus berikut.

1. all - Jika Anda menyetel tag ini, crawler tidak terikat oleh batasan apa pun. Mereka dapat dengan bebas merayapi, mengindeks, dan mengekspos konten Anda.

2. noindex - Tidak semua blog ditujukan untuk umum. Meskipun Anda tidak membagikan URL blog pribadi Anda dengan siapa pun, kemungkinan besar orang akan membukanya dari hasil penelusuran. Pada skenario seperti itu, Anda dapat menggunakan tag noindex, karena tag ini akan mencegah mesin telusur mengindeks halaman blog kita.

3. nofollow - Tag nofollow dan dofollow adalah untuk link outbound. Dofollow adalah tag robot default untuk semua tautan keluar yang kita tanam pada halaman blog. Artinya, mesin telusur dapat menyelinap ke halaman yang Anda tautkan. Jika Anda tidak ingin bot penelusuran melihat-lihat tautan Anda, penambahan tag nofollow dapat membantu hal itu.

4. none - none menggabungkan fitur tag noindex dan nofollow. Perayap tidak akan mengindeks laman Anda atau menelusuri tautan yang Anda buat.

5. noarchive - Anda mungkin telah melihat label cache dengan sebagian besar link situs web di SERPs. Ini menunjukkan bahwa Google telah menangkap salinan situs Anda ke server mereka untuk ditampilkan jika situs itu mati. Karena itu, tag noarchive ini berfungsi untuk mematikan versi cache di halaman pencarian.

6. nosnippet - Potongan teks di hasil penelusuran membantu orang menemukan apa yang ada di halaman web. Jika Anda ingin menjaga konten tetap eksklusif, maka mengaktifkan tag header ini sangat penting.

7. noodp - Open Directory Project atau Dmoz adalah direktori situs web buatan manusia. Google terkadang menggunakan informasi dari sana. Anda dapat mematikan tag ini jika Anda mau.

8. notranslate - Apakah Anda ingin menonaktifkan terjemahan di situs Anda? Jika jawabnnya IYA, maka silahkan gunakan tag notranslate ini untuk mendukung hal tersebut.

9. noimageindex - Jika Anda mengizinkan Google untuk mengindeks gambar yang ada di setiap halaman blog, orang dapat mencurinya dan menggunakannya di situs web mereka sendiri. Untuk mencegahnya, Anda dapat membiarkan gambar di-deindex menggunakan tag noimageindex. Namun terkadang juga gambar tersebut bisa mendukung SEO on page dengan ALT text-nya tersebut. Jika demikian, silahkan Anda gunakan tag ini sesuai kebutuhan saja yang mana yang paling penting.

10. unavailable_after - Di Blogger, Anda akan mendapatkan hak bidang untuk tag ini. Jadi, halaman web akan di-deindex setelah waktu yang ditentukan.

Nah, saya rasa sekarang anda sudah paham hal-hal yang ada pada tag header robot kustom di blogger. Maka sudah saatnya kita bahas inti dari postingan ini.

Setting Tag Header Robot Kustom

Seperti yang Anda ketahui, kita berbicara tentang pengaturan tag robot di blogger pada postingan ini. Ikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini untuk melanjutkan panduannya.

Langkah 1: Kunjungi blogger.com dan masuk ke akun blog Anda. Dari daftar blog yang ada, pilih salah satu yang ingin Anda modifikasi tag robotnya.

Langkah 2: Kemudian pergi ke menu Setelan > Gulir ke bawah sampai pada bagian Crawler dan Pengindeksan. Di sana Anda dapat melihat setelan yang disebut Aktifkan Tag header robot kustom di bawah Crawler dan Pengindeksan. Klik gulir ke kanan ikon disamping pilihan aktifkan tag header robot kustom untuk mengaktifkannya.

setting tag header robot kustom

Langkah 3: Sampai di tahap ini, maka nantinya opsi Tag halaman beranda, Tag arsip dan halaman penelusuran, serta Tag postingan dan halaman akan bisa digunakan untuk di setting.

Langkah 4: Sekarang, Anda sudah bisa mencentang pilihan yang ada pada masing tag tersebut. Tapi jangan merasa terintimidasi! Ini mungkin terlihat rumit, tetapi sebenarnya tidak serumit yang dipikirkan. Anda dapat mengaturnya sendiri dengan membaca subjudul "Tag Header Robot Kustom dan Tujuan Mensettingnya" di atas sekali lagi. Atau, cukup ikuti pengaturan yang sama yang saya pilih (lihat gambar yang diberikan di bawah) dan klik Simpan.

1. Setting Tag Halaman Beranda

Silahkan ikuti saja gambar ini jika Anda ragu dan belum terlalu paham dengan pilihan-pilahnnya untuk opsi Tag halaman beranda.

setting tag halaman beranda

Cukup pilih aktifkan:
  • all; dan
  • noodp

2. Setting Tag Arsip dan Halaman Peneusuran

Silahkan ikuti saja gambar ini jika Anda ragu dan belum terlalu paham dengan pilihan-pilahnnya untuk opsi Tag arsip dan halaman penelusuran.

setting Tag arsip dan halaman penelusuran

Cukup pilih untuk mengaktifkan:
  • noindex; dan
  • noodp

3. Setting Tag Postingan dan Halaman

Silahkan ikuti saja gambar ini jika Anda ragu dan belum terlalu paham dengan pilihan-pilahnnya untuk opsi Tag postingan dan halaman.

setting tag postingan dan halaman

Sama seperti opsi pada Tag halaman beranda, cukup pilih untuk mengaktifkan:
  • all; dan
  • noodp
Catatan: Seperti yang sudah kita setting tadi, Anda bisa mengatur hal tersebut untuk beranda, halaman arsip dan halaman postingan juga.

Taraaa! Kini Anda sudah selesai setting tag-tag tersebut.

Penutup

Percayalah, tag header robot kustom itu sangat berguna! Karena Google menyediakan settingan siap pakai untuk menggunakannya di platform blogger, kenapa kita tidak memanfaatkannya?

Dan satu hal yang perlu diingat, jangan centang opsi noindex sampai dan kecuali Anda memang sudah yakin tentang opsi tersebut karena dengan mengaktifkannya akan menarik situs web Anda dari Search Engine Result Pages (SERPs).

Jangan sungkan untuk kasih tahu kepada saya jika ada yang kurang paham terkait topik ini melalui kolom komentar di bawah.
Afindo Kei Sudah mendalami dunia blogging semenjak tahun 2015 silam. Hasil? Ahh KEPO!

2 Responses to "Cara Setting Tag Header Robot Kustom di Blogger [SEO Powerfull]"

  1. Itu bukan tag header tapi robot txt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon dibaca dari awal sampai habis mas, untuk robot txt settingnya ada pada bagian atas tag header robot kustom. Jelas kedua hal tersebut berbeda.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel