Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahaya Tidur Pagi yang Wajib kalian Ketahui Untuk Menghindarinya

Bahaya Tidur Pagi yang Wajib kalian Ketahui

Anastips.com -  Hallo sobat anastips semua, untuk postingan kali ini saya akan membahas sedikit tentang Bahaya Tidur Pagi yang perlu sobat ketahui. Untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel ini sampai selesai, supaya tidak gagal paham.

Setiap orang memiliki kebutuhan waktu tidur yang berbeda berdasarkan usia dan kesehatan mentalnya. Meski di usia dewasa setiap manusia membutuhkan tidur hingga 7 - 8 jam setiap harinya.

Namun aktivitas bekerja yang melelahkan maupun mengobrol dan nonton TV membuat waktu tidur mulai berkurang. Maka tak jarang sebagian orang menjadikan Tidur pagi menjadi solusi dari kurangnya waktu tidur di malam hari.

Lalu Apa Bahaya Tidur Pagi Untuk Kesehatan?

Berdasarkan riset para ahli, tidur pagi dapat memicu terjadinya beragam masalah kesehatan bagi tubuh.

Berikut ini list dan penjelasan beberapa resiko penyakit yang diakibatkan oleh seringnya tidur pagi yang harus kita hindari.

1. Sulit Berpikir dan Berkonsentrasi

Tidur yang cukup bagi seseorang akan meningkatkan jernihnya berpikir, mampu memecahkan masalah serta mudah mendapatkan ide.

Sebaliknya, orang yang kurang tidur atau orang yang sering tidur pagi akan lebih sulit buat fokus bekerja atau memusatkan perhatian.

Jika demikian, ini akan berpengaruh pada produktifitas kerja di kantor dan menurunnya tingkat kinerja kita.

2. Mudah lupa

Tahukah Sobat bahwa pada saat tubuh kita istirahat (tidur) maka tubuh akan mulai memperbaiki jaringan-jaringannya, termasuk juga sel-sel otak.

Namun, bila seseorang mengalami tidur yang kurang, maka jaringan otak akan kekurangan oksigen maupun energi dalam proses memperbaiki dirinya.

Maka, itu bisa memicu orang tersebut mudah lupa.  

3. Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Penelitian dan banyak fakta menyatakan bahwa tidur pagi bagi sesesorang dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung serta pembuluh darah, seperti serangan jantung dan juga stroke.

Hati-hati juga dengan kurang tidur, karena ini juga dapat meningkatkan tekanan darah rendah dan peradangan dalam tubuh.

4. Obesitas

Obesitas adalah meningkatnya berat badan secara signifikan, salah satu penyebabnya juga karena tidur terlalu sedikit atau banyak.

Menurut penelitian oleh para ahli, tidur kurang dari 7-8 jam perhari lebih punya resiko serangan obesitas dari pada orang yang tidurnya 7-8 jam perhari.

Hal ini karena orang yang kurang tidur membuat nafsu makannya meningkat sehingga akan lebih banyak makan.

5. Suasana Hati Mudah Berubah

Jika Sobat mengalami kurang tidur dalam jangka waktu yang cukup lama, itu dipercaya bisa menyebabkan perubahan mood yang berujung pada depresi.

Akibat dari kurang tidur juga menjadikan seseorang mudah emosi karena tubuhnya kurang stabil akibat kelelahan.

6. Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang sangat berbahaya, dan berdasarkan penelitian oleh para ahli, kurang tidur dimalam hari bisa mengakibatkan resiko terserang penyakit Diabetes.

Namun, terlalu banyak tidur juga bisa menjadi penyebab penyakit Diabetes juga, hal ini karena gangguan tidur dapat meningkatkan risiko terjadinya resistensi insulin.

Maka dari itu, kadar gula darah akan semakin meningkat untuk orang-orang yang tidurnya bermasalah.

7. Kanker

Kadang kala untuk memenuhi tuntutan kerja kita harus rela kita kehilangan jam tidur kita dimalam hari untuk shift malam. Namun Sobat juga harus memikirkan akan kesehatan Sobat.

Pasalnya aktivitas ini memiliki resiko tinggi untuk terkena tinggi.

Hal ini dibuktikan dengan beberapa study yang menyebutkan bahwa hampir sebagian para pasien penyakit kangker punya kebiasaan sering begadang atau kurang tidur.

Maka dari itu, untuk menekan resiko ini Sobat jangan sampai kurang tidur, atau jangan keseringan tidur pagi, usahaka tidur normal setiap hari.

Tips Tidur Agar Lebih Baik untuk Menghindari Tidur Pagi

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Sobat tidur lebih baik:

  • Tetapkan jadwal tidur yang konsisten: Cobalah untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan pada akhir pekan. Ini akan membantu tubuh Sobat untuk menyesuaikan diri dengan pola tidur yang teratur.
  • Buat suasana yang nyaman: Pastikan suhu ruangan, pencahayaan, dan kebisingan sesuai dengan preferensi Sobat. Cobalah untuk membuat kamar tidur Sobat sejuk, gelap, dan tenang.
  • Hindari stimulan: Hindari kafein, alkohol, dan nikotin beberapa jam sebelum tidur. Kafein dan nikotin dapat merangsang sistem saraf Sobat, sementara alkohol dapat mengganggu pola tidur Sobat.
  • Batasi waktu layar: Cobalah untuk tidak menggunakan perangkat elektronik seperti telepon genggam atau tablet selama setidaknya satu jam sebelum tidur. Cahaya biru yang dipancarkan oleh layar elektronik dapat mengganggu produksi hormon tidur Sobat.
  • Lakukan aktivitas yang menenangkan: Sebelum tidur, cobalah untuk melakukan aktivitas yang menenangkan seperti membaca buku, meditasi, atau mandi air hangat. Aktivitas ini dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh Sobat.
  • Gunakan tempat tidur hanya untuk tidur: Hindari menggunakan tempat tidur Sobat untuk melakukan pekerjaan atau menonton televisi. Ini akan membantu otak Sobat mengasosiasikan tempat tidur dengan tidur.
  • Berolahraga secara teratur: Olahraga secara teratur dapat membantu Sobat tidur lebih nyenyak. Namun, hindari berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur Sobat, karena hal ini dapat membuat Sobat merasa terlalu terstimulasi untuk tidur.

Semoga tips-tips di atas dapat membantu Sobat tidur lebih baik dan merasa lebih segar setiap pagi!

Kesimpulan

Ingat, Tidur pagi mungkin terdengar seperti kebiasaan yang menyenangkan, terutama bagi mereka yang memiliki jadwal kerja yang fleksibel. Namun, kebiasaan ini sebenarnya bisa membawa bahaya bagi kesehatan kita.

Tidur pagi dapat mengganggu ritme sirkadian tubuh kita, yang memengaruhi keseimbangan hormon, sistem pencernaan, dan sistem kardiovaskular. Terlalu banyak tidur pagi juga dapat meningkatkan risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan gangguan tidur lainnya.

Selain itu, tidur pagi juga dapat mempengaruhi produktivitas kita sepanjang hari. Kita mungkin merasa malas dan tidak produktif karena sudah melewatkan beberapa jam di pagi hari. Ini juga dapat mempengaruhi kinerja kita di tempat kerja atau di sekolah.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga pola tidur yang sehat dan teratur. Tidur yang cukup dan teratur di malam hari dapat membantu kita merasa lebih bugar dan energik di pagi hari. Selain itu, dengan membangun rutinitas tidur yang sehat, kita dapat meningkatkan kualitas tidur dan kesehatan secara keseluruhan.

Dalam kesimpulannya, meskipun terkadang terlihat menyenangkan, tidur pagi dapat membawa bahaya bagi kesehatan dan produktivitas kita. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk membangun kebiasaan tidur yang sehat dan teratur untuk menjaga kesehatan tubuh dan keberhasilan dalam kegiatan sehari-hari.

Post a Comment for "Bahaya Tidur Pagi yang Wajib kalian Ketahui Untuk Menghindarinya"