Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Selain Apoteker, 5 Prospek Karir Jurusan Farmasi Ini Sangat Dibutuhkan!

5 Prospek Karir Jurusan Farmasi

Indonesia memiliki berbagai universitas dengan jurusan farmasi terbaik. Masyarakat memahami bahwa jurusan ini hanya mempelajari tentang obat-obatan, padahal prospek karir jurusan farmasi bisa dibilang sangat beragam selain menjadi apoteker.

Saat Anda sudah yakin untuk terjun dalam dunia farmasi, Anda harus mengetahui apa saja prospek kerja yang bisa diambil pada masa mendatang. Agar ilmu yang Anda dapat bisa dimanfaatkan dengan baik kepada masyarakat di luar sana.

Prospek Karir Jurusan Farmasi yang Menjanjikan

Ada beberapa pilihan karir yang mungkin bisa Anda ambil ketika masuk ke jurusan farmasi ini di antaranya seperti:

1. Lembaga Pemerintah

Pilihan untuk bekerja di lembaga pemerintah seperti BPOM misalnya, juga bisa jadi alternatif terbaik untuk Anda yang berada di jurusan farmasi. Lembaga pemerintah secara berkala membuka lowongan bagi mereka yang memenuhi kualifikasi.

Anda bertugas untuk memastikan seluruh makanan hingga obat-obatan yang beredar di masyarakat telah sesuai dengan peraturan dan pastinya aman untuk dikonsumsi.

2. Sales Representative Medis

Anda juga bisa menjadi Sales Representative Medis dari sebuah perusahaan medis. Tentu tugas yang dilakukan tak jauh berbeda dengan sales pada umumnya, hanya saja fokus produk yang Anda jual ialah obat-obatan hingga peralatan medis.

Dari segi konsumen pun tidak semua orang bisa kamu jadikan target. Biasanya Sales Representative Medis berhubungan dengan rumah sakit, klinik dengan konsumen seperti dokter, perawat, pasien dan sejenisnya.

3. Farmasi Forensik

Banyak jenis kejahatan yang terjadi di masyarakat dan jurusan farmasi bisa ambil bagian untuk memecahkan kejahatan tersebut dengan tergabung dalam farmasi forensik.

Anda dapat membantu pihak berwajib untuk melakukan analisis forensik yang dibutuhkan. Profesi satu ini sangat diminati oleh mereka yang menyukai hal-hal berbau misteri sehingga bisa dengan mudah menyelesaikan kasusnya.

4. Industri Kecantikan

Prospek karir di dunia farmasi yang menjanjikan lainnya berhubungan dengan dunia kecantikan. Pengetahuan Anda dalam dunia obat-obatan dan bahan yang cocok untuk jenis kulit dan sebagainya akan sangat bermanfaat.

Pilihan profesinya pun beragam seperti misalnya menjadi konsultan kecantikan, ahli terapi dalam dunia kecantikan, atau bergabung dalam perusahaan kosmetik yang Anda inginkan. Apalagi mengingat saat ini banyak sekali perusahaan kosmetik yang bermunculan dan bisa jadi pilihan yang jelas untuk jurusan ini.

5. Peneliti Farmasi

Menjadi seorang peneliti farmasi mungkin tidak mudah, tapi tak sedikit juga orang yang berusaha untuk masuk ke bidang ini. Sebab, banyak yang menganggap bahwa peneliti farmasi merupakan salah satu profesi yang cukup menjanjikan ketika masuk ke jurusan ini.

Tentu saja jika bekerja menjadi peneliti farmasi artinya Anda harus siap untuk melakukan berbagai penelitian yang dibutuhkan. Seperti contohnya meneliti perkembangan obat supaya bisa memberikan manfaat terhadap kesehatan banyak orang dan sebagainya.

Jelasnya, masih banyak alternatif yang bisa Anda pilih selain menjadi apoteker. Namun, penting sekali untuk terus menambah wawasan Anda dalam dunia farmasi supaya tidak ketinggalan beragam informasi dalam dunia obat-obatan. Mengingat perkembangan teknologi farmasi saat ini sudah semakin pesat.

PAFI (Persatuan Ahli Farmasi Indonesia) menjadi wadah bagi para pegiat farmasi agar kemampuan mereka terus berkembang. Tak hanya berbagi ilmu tentang obat-obatan, Anda mungkin juga dapat tergabung dalam penelitian dan pengembangan obat bersama dengan anggota lain.

PAFI (Persatuan Ahli Farmasi Indonesia) membantu mengembangkan individu yang berkualitas dalam dunia farmasi. Agar dapat memahami lebih lanjut tentang PAFI, silakan cek pafitahuna.org untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Post a Comment for "Selain Apoteker, 5 Prospek Karir Jurusan Farmasi Ini Sangat Dibutuhkan!"