Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rekomendasi Obat Salep Terkena Air Panas yang Ada di Apotek

Rekomendasi Obat Salep Terkena Air Panas

Luka bakar tidak cuma disebabkan oleh api secara langsung, tapi juga bisa karena tersiram air panas. Tentu untuk mendapatkan penanganan yang tepat harus paham dulu seberapa parah tingkat luka yang dialami. Di apotek sendiri sudah tersedia obat salep terkena air panas yang bisa Anda dapatkan apabila luka bakarnya tidak terlampau parah.

Namun, sebelum memberikan salep luka ini tentu Anda harus melakukan pertolongan pertama terlebih dahulu yaitu dengan menyiram area kulit yang terkena air panas di bawah air biasa yang mengalir selama kurang lebih 20 menit. Barulah setelahnya Anda bisa melakukan serangkaian pengobatan lain seperti mengoleskan salep ini.

Daftar Salep Luka Kena Siram Air Panas di Apotek

Salep luka memang harus selalu siap sedia di rumah Anda demi berjaga-jaga dari hal yang tidak diinginkan seperti kena siram air panas. Kalau begitu apa saja rekomendasi salep luka yang bisa ditemukan di apotek?

1. Bioplacenton Jelly

Salep luka yang satu ini kerap direkomendasikan karena mengandung zat aktif seperti placenta extract dan juga neomycin sulfate. Adanya perpaduan dari dua zat aktif tersebut dapat mempercepat proses pembentukan jaringan baru pada area yang terluka sekaligus mencegah adanya infeksi bakteri.

Bioplacenton bisa saja digunakan untuk penanganan luka bakar ringan, tapi tentu harus memperhatikan aturan penggunaan karena obat salep ini termasuk dalam jenis obat keras. Salep satu ini juga dapat dipakai untuk mengobati luka infeksi, luka kronik dan beberapa luka lainnya.

2. Betadine Antiseptic Ointment

Dalam obat ini ada kandungan povidone iodine yang sudah terkenal mampu mempercepat proses dari penyembuhan luka. Sehingga tak heran jika untuk luka bakar ringan maka salep ini bisa digunakan supaya tidak terinfeksi oleh bakteri juga.

Betadine Antiseptic Ointment juga bisa dipakai untuk beberapa kasus luka seperti luka garukan, luka lecet serta luka sayatan. Jadi, Anda mungkin juga bisa menyediakan obat ini di rumah untuk berjaga-jaga.

3. Lanakeloid E Cream

Beberapa kandungan zat aktif di dalam obat ini ada vitamin E dan juga Centella Asiatica di mana vitamin E sangat bagus untuk mempercepat proses regenerasi kulit dan menjadikannya cepat sembuh seperti sedia kala.

Sementara Centella Asiatica juga memiliki manfaat yang baik untuk mengatasi pembengkakan pada kulit yang tersiram air panas, mengurangi sedikit rasa sakit yang ditimbulkan sekaligus mengurangi kemerahan yang terjadi.

4. Hansaplast Wound Care Ointment

Anda mungkin tak asing dengan salah satu merek plester luka ini, tapi yang satu ini berbentuk salep yang gunanya untuk menangani luka bakar akibat dari air panas. Kandungan zat aktif di dalamnya berupa petroleum Jelly sangat bagus dalam melembabkan kulit.

Kelembaban area kulit yang terluka harus dijaga dengan baik supaya cepat sembuh. Selain luka bakar, obat ini juga mampu mengatasi luka lecet, luka gores atau sekedar kulit kering.

5. Burnazin Cream

Termasuk dalam golongan obat keras, pastikan Anda menggunakan resep dokter jika ingin membeli obat ini. Adanya kandungan silver sulfadiazine membuat obat ini mampu menghambat tumbuhnya bakteri di area kulit yang terluka.

Selain digunakan untuk mengobati kasus luka bakar yang ringan, Burnazin Cream juga dapat dipakai untuk mengatasi luka bakar untuk kasus sedang hingga berat.

Para calon ahli farmasi terbaik di Indonesia harus mempelajari lebih dalam terkait pemberian obat yang berkaitan dengan kasus luka bakar. Maka dari itu, menambah wawasan dan pengetahuan melalui pafikabmamberamotengah.org sangatlah penting.

PAFI sebagai organisasi farmasi di Indonesia tentu dapat memfasilitasi berbagai macam seminar, diskusi dan penelitian terkait obat-obatan agar mampu memberikan kesejahteraan kesehatan untuk masyarakat. Informasi selengkapnya dapat Anda temukan melalui pafikabmamberamotengah.org.

Post a Comment for "Rekomendasi Obat Salep Terkena Air Panas yang Ada di Apotek"