5 Rekomendasi Asam Folat di Apotek Untuk Ibu Hamil

5 Rekomendasi Asam Folat di Apotek

Asam folat sangat dibutuhkan agar tumbuh kembang janin dalam kandungan dalam kondisi baik. Mengkonsumsi suplemen asam folat yang cukup membantu mencegah cacat lahir pada bagian otak dan sumsum tulang belakang bayi. Ada banyak suplemen asam folat di apotek yang bisa Anda beli secara bebas.

Sebagai ibu hamil Anda harus mampu memenuhi kebutuhan asam folat harian agar bayi terlahir sehat. Namun, sebenarnya asam folat juga bisa dikonsumsi jauh sebelum hamil alias saat Anda merencanakan program kehamilan tersebut demi mendukung persiapan yang ada dalam tubuh Anda.

Apa Saja Asam Folat yang Ada di Apotek?

Asam folat dapat ditemukan dalam berbagai macam jenis sayuran dan buah. Namun, jika ingin lebih maksimal Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen asalkan sudah melalui konsultasi dengan dokter kandungan agar tidak salah langkah. Berikut adalah beberapa jenis suplemen asam folat yang ada di apotek!

1. Folavit

Jika Anda merasa sedang merencanakan kehamilan, maka penting untuk mengkonsumsi suplemen asam folat dari Folavit. Pasalnya suplemen satu ini memiliki sekitar 400 mcg asam folat yang baik untuk Anda.

Pada ibu hamil, asam folat satu ini juga dapat berperan mencegah bumbung syaraf pada bayi yang tengah dikandung. Konsumsi Folavit sesuai dengan anjuran dokter atau perhatian aturan minumnya di kemasan yang dibawa.

2. Blackmores Pregnancy Breast Feed

Blackmores Pregnancy Breast Feed sangat bagus untuk ibu hamil serta ibu menyusui, karena di dalamnya kaya akan berbagai vitamin dan mineral. Selain asam folat, ada juga zinc, kalsium, minyak ikan, vitamin C dan vitamin 12 dan masih banyak lagi.

Meskipun harganya jauh lebih mahal daripada suplemen yang lain, tapi menjadikan Blackmores sebagai pilihan tentu sangat wajar mengingat aneka kandungannya yang mampu mendukung tumbuh kembang janin dengan baik.

3. Folaplus

Selain dua rekomendasi di atas, Anda juga dapat membeli suplemen Folaplus yang tak hanya memiliki kandungan asam folat tapi juga ada Folic Acid. Bahkan terdapat beragam vitamin yang membantu Anda menjaga tumbuh kembang bayi di dalam kandungan.

Anda bisa meminumnya 1 kali sehari 1 tablet sehingga kondisi cacat lahir pada bayi bisa dicegah. Folaplus juga memiliki khasiat lain bagi ibu hamil yaitu dapat mencegah anemia yang biasa terjadi.

4. Promavit

Promavit yang telah jadi salah satu pilihan obat di apotek ini dapat menunjang proses kehamilan Anda dan membuat janin dalam kandungan tetap sehat. Terdapat berbagai kandungan seperti asam folat 400 mcg, DHA, EPA, vitamin, kalsium dan juga Omega 3.

Terdapat petunjuk penggunaan di kemasan yang harus Anda pahami dan pastikan meminumnya juga sesuai dengan aturan serta tidak berlebihan.

5. Folavicap

Pada ibu hamil kadang memang rentan kekurangan asam folat dan mengalami anemia, untuk itu suplemen asam folat yang tepat sangat dibutuhkan seperti Folavicap ini. Suplemen yang hadir dalam bentuk tablet ini dapat dikonsumsi ibu hamil dan menyusui.

Asam folat yang terdapat pada Folavicap merupakan jenis vitamin B yang mampu mengatasi anemia. Anda dapat meminumnya sesuai dengan dosis yang tertera pada kemasan.

Agar menjadi apoteker yang berwawasan Anda harus banyak belajar dan menambah pengetahuan dari mana saja. Salah satunya dengan bergabung menjadi anggota PAFI di pafikotabontosunggu.org.

PAFI dibangun untuk menjadi wadah ahli farmasi di Indonesia, komitmen mereka untuk memajukan pendidikan farmasi tak diragukan lagi. Hal itu dibuktikan melalui berbagai macam penelitian, seminar dan lain-lainnya yang menjadi ajang diskusi dengan sesama ahli farmasi terbaik.

Jadilah bagian dari pafikotabontosunggu.org agar dapat berkontribusi dalam memajukan kesejahteraan masyarakat Indonesia dalam hal kesehatan.