Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jadi Apoteker Handal yang Disukai Banyak Orang, Ini Dia Tipsnya!

Jadi Apoteker Handal yang Disukai Banyak Orang, Ini Dia Tipsnya!

Jurusan farmasi yang terbilang menjanjikan membuat sebagian besar lulusannya berhasil menggapai cita-cita mereka. Ada yang berhasil lulus dan akhirnya membuka apotek sendiri di rumah sebagai bentuk usaha mereka dalam menerapkan ilmu yang telah didapatkan.

Namun, menjadi seorang apoteker yang melayani banyak orang tentu tidak mudah. Akan ada banyak rintangan khususnya ketika ada masyarakat yang bertanya perihal obat tapi dengan bahasa yang kurang dipahami karena saking awamnya.

Bagaimana Cara Menjadi Apoteker yang Handal?

Menjadi apoteker tak sebatas melayani kebutuhan jual beli obat di masyarakat, tapi Anda juga harus mampu memberikan edukasi yang dibutuhkan. Mengingat di masyarakat kadang masih beredar berbagai mitos tentang obat dan sebagainya yang membuat orang awam salah paham dengan tenaga kesehatan.

Lalu, agar bisa disukai oleh masyarakat dan menjadi apoteker yang benar-benar handal di bidangnya, apa saja tips yang Anda butuhkan?

1. Memiliki Kemampuan Komunikasi yang Baik

Bekerja di bidang kesehatan atau yang berhubungan dengan masyarakat umum membuat Anda harus bisa memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Terutama saat hendak menjelaskan perihal obat-obatan dan penggunaannya kepada masyarakat.

Kemampuan komunikasi yang baik akan membuat masyarakat merasa nyaman ketika melakukan konsultasi. Anda pun harus bisa menjelaskan dengan bahasa yang lebih mudah dipahami agar orang bisa menangkap inti dari apa yang Anda jelaskan.

Walau memang hal ini menjadi sesuatu yang sulit, tapi merupakan tantangan tersendiri bagi Anda yang memilih jurusan farmasi. Untuk itu Anda harus lebih banyak belajar dan praktik untuk menerapkan kemampuan komunikasi yang baik.

2. Berpenampilan Rapi dan Bersih

Kebanyakan orang memang akan menilai kita dari penampilan, untuk itu menjaga penampilan bagi seorang apoteker tentu adalah hal wajib. Tapi bukan berarti Anda harus mengenakan barang-barang mahal dan mewah, yang dimaksud adalah setidaknya Anda memiliki penampilan yang bersih dan rapi setiap harinya.

Penampilan yang menarik akan membuat masyarakat merasa yakin dengan apa yang Anda jelaskan. Jika penampilan Anda kurang rapi, kucel dan berantakan maka akan membuat masyarakat kurang nyaman bahkan memilih untuk menghindari Anda.

3. Memiliki Pengetahuan yang Luas

Ketika Anda ingin menjadi seorang apoteker yang handal, artinya Anda harus memiliki pengetahuan yang luas khususnya tentang produk obat-obatan yang dijual. Apoteker harus mampu memberikan pelayanan terbaik mengenai obat-obatan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Apalagi saat membeli obat kadang masyarakat salah dalam menyebut nama obatnya dan untuk itu apoteker harus bisa berpikir dengan baik obat apa yang dimaksud. Apoteker harus bisa mendengar dengan baik keluhan yang disampaikan oleh pelanggan agar bisa menentukan obat apa yang diperlukan.

Itulah kenapa para apoteker harus terus belajar dan mendapatkan informasi sebanyak mungkin dari rekan-rekan sejawat. Mengingat produk obat di pasaran jumlahnya sangat banyak, bahkan tak sedikit juga obat-obatan baru yang diedarkan dan membuat para apoteker mengingat setiap jenisnya dengan maksimal.

Informasi mengenai hal-hal yang berhubungan dengan dunia farmasi bisa Anda dapatkan dari mana saja termasuk melalui pafikotaelelim.org. Sebagai organisasi yang bergerak di bidang farmasi, PAFI telah berdiri sejak lama dan hadir demi meningkatkan kualitas pendidikan farmasi di Indonesia.

Menjadi bagian dari pafikotaelelim.org, Anda tidak akan ketinggalan berbagai macam informasi seputar dunia farmasi. Sebab, ada banyak seminar, penelitian dan lain-lain yang kerap diadakan dengan tujuan agar dunia farmasi di Indonesia semakin berkembang ke arah yang lebih baik.

Post a Comment for "Jadi Apoteker Handal yang Disukai Banyak Orang, Ini Dia Tipsnya!"