Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Alasan Masuk Jurusan Farmasi dengan Pilihan Karir yang Beragam

4 Alasan Masuk Jurusan Farmasi dengan Pilihan Karir yang Beragam

Setiap mahasiswa baru yang masuk dunia perkuliahan sudah pasti punya alasan sendiri kenapa mereka masuk ke jurusan yang dituju. Termasuk ketika mereka memutuskan untuk masuk jurusan farmasi yang peminatnya juga tak sedikit di setiap universitas yang ada di Indonesia.

Saat tahun ajaran baru ribuan calon mahasiswa bersaing agar bisa menembus universitas yang diinginkan. Sebagai jurusan yang juga paling banyak peminat selain kedokteran, ada beberapa alasan kenapa farmasi menjadi pilihan bagi banyak calon mahasiswa baru.

Alasan Memilih Jurusan Farmasi

Ada berbagai macam alasan yang dikemukakan oleh calon mahasiswa ketika mereka hendak masuk jurusan ini. Biasanya jawabannya tak jauh dari prospek karir yang cukup menjanjikan. Lalu, apakah memang benar? Apa saja alasan jurusan ini banyak peminat?

1. Menyukai Kimia dan Tantangan

Sebagian besar mahasiswa yang masuk jurusan ini alasannya karena mereka suka dengan segala jenis perhitungan dan pelajaran kimia. Sebab saat masuk ke farmasi mereka akan  diajarkan mengenai hitungan kimia dasar, fisika dasar, farmakologi, biokimia dan masih banyak lagi.

Tak jarang juga yang masuk ke jurusan ini memang orang-orang yang suka dengan tantangan. Mereka berambisi masuk ke farmasi karena ingin menantang diri dengan melakukan berbagai macam eksperimen yang diperlukan dalam pembuatan obat dan sebagainya.

2. Pilihan Lain Setelah Kedokteran

Farmasi yang juga bergerak di bidang kesehatan bisa jadi pilihan selain kedokteran. Seperti yang kita ketahui bahwa jurusan kedokteran termasuk yang paling susah ditembus, apalagi dengan biaya yang sangat mahal kadang membuat banyak calon mahasiswa mengurungkan diri.

Oleh karena itu, mereka lebih memilih jurusan lain untuk mewujudkan mimpi yaitu dengan masuk farmasi. Walaupun sama-sama sulit, tapi untuk beberapa orang farmasi merupakan jurusan yang masih bisa digapai.

3. Masa Depan yang Jelas

Satu dari sekian banyak alasan kenapa banyak yang masuk jurusan ini adalah karena farmasi termasuk jurusan dengan masa depan yang jelas. Bukan berarti jurusan lain tidak memiliki masa depan, tapi untuk jurusan farmasi Anda bisa memilih jadi apapun yang diinginkan.

Tak hanya jadi apoteker, Anda bisa bekerja di bidang kecantikan, lembaga pemerintah, peneliti hingga mengajar sebagai dosen dan sebagainya. Dengan arah yang jelas seperti ini maka tak heran kalau farmasi menjadi pilihan yang diminati.

4. Dukungan Dari Keluarga

Salah satu alasan mahasiswa baru memilih jurusan ini terkadang karena dukungan dari orang tua dan keluarga besar. Ada beberapa keluarga yang memang secara khusus bekerja di bidang kesehatan sehingga mereka ingin anak-anak mereka mengikuti jalur tersebut.

Saking terbiasanya melihat anggota keluarga yang bekerja di bidang kesehatan, niat dan keinginan untuk mengikuti jejak tersebut sangat kuat sehingga akhirnya jurusan farmasi menjadi pilihan terbaik.

Mengembangkan kemampuan dan memperluas wawasan akan membuat Anda mampu menjadi ahli farmasi terbaik. Oleh karena itu, Anda juga harus memiliki tempat yang dapat menjadi wadah bagi diri sendiri untuk mendapatkan berbagai informasi yang diperlukan.

Maka dari itu, pafikabsumbawabarat.org memberikan fasilitas tersebut dan menjadi tempat berkumpulnya ahli farmasi terbaik agar mereka bisa terus berkembang. Ada banyak hal yang bisa didapatkan dari organisasi yang bergerak di bidang kesehatan satu ini, salah satunya mencoba eksperimen atau penelitian obat-obatan demi meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

PAFI juga membantu agar kualitas pendidikan farmasi di Indonesia semakin meningkat pesat. Anda bisa mengecek selengkapnya mengenai PAFI melalui pafikabsumbawabarat.org.

Post a Comment for "4 Alasan Masuk Jurusan Farmasi dengan Pilihan Karir yang Beragam"