4 Kampus Jurusan Farmasi di Indonesia dengan Lulusan Terbaik!

4 Kampus Jurusan Farmasi di Indonesia

Jurusan farmasi tak pernah sepi peminat. Sampai saat ini masih banyak yang ingin masuk jurusan tersebut dan belajar mati-matian agar bisa masuk kampus favorit mereka. Tentu saja, sejumlah kampus jurusan farmasi di Indonesia memberikan fasilitas yang terbaik dan memadai supaya para calon mahasiswa dapat belajar dengan nyaman.

Kebanyakan mahasiswa yang masuk jurusan ini ingin menjadi apoteker. Banyak yang bisa dipelajari dan pastinya tak sekedar teori, biasanya mahasiswa farmasi juga harus berhadapan dengan berbagai macam praktik yang nantinya sangat berguna saat sudah lulus dan berbaur dengan masyarakat.

Daftar Kampus Terbaik Untuk Jurusan Farmasi

Karena harus mendapatkan pendidikan terbaik, tentu saja memilih kampus tidak bisa sembarangan. Anda bisa mencari tahu tentang beberapa kampus dengan jurusan farmasi terbaik yang bisa dijadikan bahan pertimbangan di antaranya seperti:

Universitas Indonesia

Bicara tentang universitas terbaik, UI selalu menjadi urutan pertama yang paling direkomendasikan. Hal itu karena lulusan UI sudah terbukti sepak terjangnya, bahkan selalu ada ribuan calon mahasiswa yang mendaftar dan seleksinya pun cukup ketat.

Di Universitas Indonesia ini terdapat 3 program yang bisa Anda ikuti yakni S1, S2, dan S3. Di mana S1 ialah program kuliah Farmasi, S2 program kuliah Farmasi dan Herbal, S3 program kuliah Ilmu Farmasi.

Universitas Airlangga

Disingkat dengan UNAIR, kampus terbaik untuk jurusan farmasinya ini terletak di Jawa Timur. Walaupun ada di Jawa Timur, tapi UNAIR digadang-gadang sebagai salah satu universitas terbaik yang tak selalu jadi incaran calon mahasiswa di luar sana.

Akreditasi A yang tersemat pada Universitas Airlangga membuat kampus ini tak perlu diragukan lagi kualitas para lulusannya. Banyak sekali yang akan Anda pelajari ketika memilih jurusan farmasi di Universitas Airlangga mulai dari mata kuliah Kimia Medisinal, Botani Farmasi, Kimia Fisik, Biokimia, Farmasi Fisik dan sebagainya.

Universitas Gadjah Mada

UGM atau Universitas Gadjah Mada memang selalu berkomitmen memberikan yang terbaik untuk para mahasiswanya, termasuk jika Anda memilih jurusan farmasi di tempat ini. Sebagai kampus farmasi dengan akreditasi A yang ada di Yogyakarta, UGM sudah pasti sangat populer dan diminati oleh calon mahasiswa yang kadang bingung menentukan soal jurusan.

Diharapkan lulus dari Universitas Gadjah Mada, Anda bisa menjadi seorang apoteker yang handal karena banyak yang akan dipelajari di sini. Seperti misalnya Farmasi Industri, Farmasi Klinik, Farmasi Sains dan Teknologi serta masih banyak lagi lainnya.

Universitas Sanata Dharma

Bila tak berhasil di negeri, Anda masih bisa melanjutkan kuliah di kampus swasta yaitu Universitas Sanata Dharma. Kampus ini pun tak kalah dengan yang lainnya karena sudah mencapai akreditasi A juga.

Dalam program S1, ada beberapa bidang minat yang bisa Anda ambil seperti Teknologi Farmasi & Farmasetika, Farmakologi-Toksikologi, Biologi Farmasi, Farmasi Klinik Komunitas hingga Kimia Farmasi.

Menyimak dengan baik ilmu yang didapat selama masa kuliah sangatlah penting. Sebab untuk menjadi seorang apoteker pun tidaklah mudah. Apalagi jika nantinya sudah berhadapan dengan masyarakat di luar sana dan beragam jenis obat yang jumlahnya ribuan.

Selain aktif belajar teori, Anda juga harus aktif dalam berdiskusi dengan para ahli farmasi lainnya. Hal itu bisa dilakukan dengan mengikuti komunitas atau organisasi seperti di pafikotasingkawang.org.

Dalam hal ini pafikotasingkawang.org yang menjadi wadah berkumpulnya ahli farmasi terbaik berkomitmen untuk memajukan pendidikan farmasi dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Indonesia.